Sukses

Gugus Tugas Covid-19 Siapkan Teknologi Pelacak Penderita Virus Corona

Tim Pakar Gugus Penanganan Covid Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito menyebut telah mengembangkan sistem pendeteksi wilayah dengan sebaran penularan virus corona atau covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pakar Gugus Penanganan Covid Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito menyebut telah mengembangkan sistem pendeteksi wilayah dengan sebaran penularan virus corona atau covid-19.

"Dengan demikian kita tahu tempat-tempat mana yang resikonya sangat tinggi," tutur Wiku di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Menurut Wiku, pemerintah juga menyiapkan alat bantu pelacakan pasien Covid-19 berikut lingkungan interaksinya. Sebab biasanya hal tersebut dilakukan secara manual dan menghadapi sejumlah kendala di lapangan.

"Menggunakan teknologi sehingga pelacakannya tidak hanya dilakukan dengan pelacakan sistem konvensional dengan mempertanyakan kontaknya, dengan siapa saja pada hari itu, berapa lama, dan di mana. Jadi kami menggunakan teknologi IT sehingga kita juga bisa mendapatkan itu," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disebar di Fasilitas Kesehatan Daerah

Nantinya, teknologi tersebut akan dihubungkan langsung ke seluruh fasilitas kesehatan di tiap daerah.

"Baik puskesmas maupun rumah sakit. Sehingga kita semuanya bisa memastikan proses penyebarannya untuk bisa dibatasi," Wiku menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.