Sukses

Gugus Tugas Virus Corona Jelaskan Gejala Awal Penderita Covid-19

Tim Pakar Gugus Penanganan Covid-19 Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito menjelaskan bagaimana gejala yang timbul saat seseorang mulai diserang virus corona atau covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Tim Pakar Gugus Penanganan Covid-19 Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito menjelaskan bagaimana gejala yang timbul saat seseorang mulai diserang virus corona atau covid-19.

"Gejala berawal demam. Demam itu reaksi tubuh untuk melawan. Kemudian biasanya tinggi sampai 38 derajat. Batuk kering dan sesak napas. Kalau ada gejala itu, maka harus waspada," tutur Wiku di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Menurut Wiku, tubuh akan berupaya melawan kehadiran Covid-19. Bagi penderita dengan kondisi fisik yang sehat, data tahan tubuh sebagai antibodi akan dapat menekan pertumbuhan covid-19 sebagai antigen.

"Kondisi tubuh yang baik maka akan naik kembali. Kalau berperang maka akan menang dan sembuh. Belum tentu orang itu sadar terinfeksi virus ini," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlindungan Bagi yang Punya Penyakit

Untuk itu, lanjutnya, virus corona lebih rentan berkembang ke tubuh seseorang yang telah memiliki penyakit sebelumnya. Sebab daya tahan tubuhnya terbebani dengan sejumlah penyakit yang ada.

"Resikonya untuk orang-orang yang terkena, khususnya yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau riwayat penyakit lainnya yang dapat memperburuk keadaan. Kalau kita pahami, masyarakat umum banyak yang sehat dan tidak sakit lainnya, maka tidak perlu panik. Khusus yang memiliki penyakit lainnya, itu yang memerlukan perlindungan," Wiku menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.