Sukses

Pakar Gugus Covid-19: Kita Menghadapi Musuh yang Tak Tahu Cara Kerjanya

Tim Pakar Gugus Penanganan Covid Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito meminta masyarakat sadar betul akan pentingnya membatasi interaksi sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pakar Gugus Penanganan Covid Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito meminta masyarakat sadar betul akan pentingnya membatasi interaksi sosial atau social distancing.

"Masyarakat harus tenang dan waspada. Tenang bukan berarti tidak memperhatikan. Kita menghadapi musuh yang sudah terindetifikasi, tapi yang belum kita pahami bersama cara kerja musuhnya," tutur Wiku di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Menurut Wiku, satu-satunya langkah yang dapat dilakukan bersama adalah dengan membatasi interaksi sosial. Dengan kesadaran tersebut, penyebaran virus corona dapat ditekan.

"Jadi kalau kita melakukan hal ini, kita sudah melawan musuh kita dengan baik. Pemerintah masih mendorong terjaga aktivitas ekonomi, tapi dengan modifikasi, cara kita bekerja," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Pola Hidup Sehat

Wiku sebagai perwakilan pemerintah meminta masyarakat agar menjaga pola hidup sehat. Termasuk menerapkan lima hal pencegahan penularan virus corona.

"Ada lima hal penting, pertama jaga jarak dengan orang lain. Dilarang jabat tangan. Cuci tangan. Hindari kerumunan. Pakai masker di tempat ramai," Wiku menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.