Sukses

AHY dan SBY Susun Struktur Pengurus Partai Demokrat 2020-2025

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat tengah menyusun struktur kepengurusan partai berlambang mercy itu. Penyusunan formatur memiliki waktu masimal 30 hari.

"Disusun dalam 30 hari. Ada formatur jadi formatur itu ketua majelis tinggi partai, ketua umum terpilih ada dari dewan pembina, dan perwakilan daerah," ujar politikus Demokrat Renanda Bachtar saat dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Renanda menjelaskan, saat ini formatur yang sudah ditetapkan baru dua orang, yakni AHY sebagai ketua umum terpilih dan SBY sebagai ketua majelis tinggi. Keduanya ditetapkan dalam Kongres V Partai Demokrat.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan struktur pengurus Demokrat baru diumumkan dalam waktu satu pekan jika sudah rampung. Renanda mengatakan, paling cepat yang akan diumumkan adalah nama sekretaris jenderal (Sekjen).

"Kalau seminggu sudah rapih bisa saja diumumkan. Saya rasa yang akan diumumkan lebih dulu adalah sekjen, biasanya setelah terpilih sekjen akan membantu nanti," kata Renanda.

Renanda mengaku belum mengetahui siapa calon sekjen potensial. Nama sekjen baru akan terbuka saat formatur telah menggelar rapat.

"Belum ada karena belum ada rapat formatur," kata dia.

Renanda menduga pengumuman struktur Demokrat akan lebih cepat karena perlu konsolidasi demi Pilkada Serentak 2020. Dia yakin dalam waktu dekat, SBY dan AHY akan berkomunikasi dan menerima masukan daerah terkait penyusunan pengurus.

"Prinsipnya karena waktu 30 hari itu memang masih agak cukup karena kebutuhan pilkada makin cepet makin baik. Tapi harus ada rapat formatur. Pak SBY kan taat aturan gak bisa tentukan sendiri, daerah gak punya suara," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Ibas Dilibatkan?

Lantas, bagaimana nasib Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas?

Adik AHY itu, dikatakan Renanda pasti dilibatkan dalam penyusunan. Dia yakin SBY dan AHY juga akan menerima masukan dari Ibas. "Saya rasa ditanya pendapatnya juga," kata dia.

Renanda juga enggan menduga-duga posisi yang akan diberikan kepada Ibas dalam struktur partai nanti. Terakhir, Ibas menempati jabatan Ketua Pemenangan Pemilu Demokrat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: