Sukses

Berbagi Pengalaman Hidup, Bang Yos Dirikan Museum

Bang Yos menyatakan, museum ini menyimpan barang-barang berharga miliknya yang merupakan perjalanan hidupnya sejak kecil hingga mencapai kesuksesan dalam karir.

 

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau Bang Yos mendirikan museum yang berisi benda-benda yang bersinggungan dengan pengalaman hidupnya di Jalan Kalimanggis Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Bang Yos menyatakan, museum ini menyimpan barang-barang berharga miliknya yang merupakan perjalanan hidupnya sejak kecil hingga mencapai kesuksesan dalam karir.

"Ini adalah tentang proses hidup saya, mulai dari kecil sampai saya saat ini. Ini pengalaman yang bisa dijadikan referensi," kata Bang Yos kepada Liputan6.com, Minggu (15/3/2020).

Sebagai orang yang sudah banyak makan asam garam baik di dunia militer maupun politik, pria 75 tahun itu merasa terbeban untuk memberikan warisan yang kelak bisa menjadi referensi bagi masyarakat luas.

"Saya anggap apa yang bisa saya wariskan, saya rasa pengalaman saya yang unik, yang berliku-liku itu lah yang berusaha saya wariskan. Dalam bentuk apa, ya museum ini lah," imbuhnya.

Peresmian museum dilakukan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI Purn Wiranto. Ia sangat mengapresiasi langkah rekan sejawatnya itu yang mau menuangkan pengalaman hidup melalui sebuah museum.

"Kita apresiasi ke Bang Yos yang masih bisa mengumpulkan barang-barang, foto-foto, atribut yang saya kira sudah langka ya. Karena biasanya orang hilang, termasuk saya sendiri kan banyak yang hilang. Dikumpulkan sebagai suatu monumen sejarah, saya kira itu luar biasa," kata Wiranto.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Polhukam itu, museum yang berisi perjalanan hidup Bang Yos dari keluarga tak mampu hingga meraih kesuksesan, dapat dijadikan semangat khususnya bagi kaum muda untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

"Ini memberikan suatu semangat bahwa perjuangan itu gak perlu berhenti ya. Hidup ini suatu anugerah dari Tuhan, harus dihadapi dengan senang hati. Saya kira itu bagian arti dari museum Bang Yos. Dapat ditularkan kepada para pengunjung, terutama generasi muda," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagai Bentuk Kepedulian

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI Purn Agum Gumelar juga menyampaikan apresiasinya terhadap pendirian museum Bang Yos. Ia menilai ini adalah sebuah bentuk kepedulian dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

"Apa yang pernah dilakukan beliau di pengalaman-pengalaman yang sangat berharga menjadi suatu warisan terutama bagi generasi muda" ujar dia.

Sebagai rekan seangkatan di TNI, kata dia, terdapat sejumlah kenangan bersama Bang Yos yang juga bisa dilihat di museum tersebut.

"Saya kan sama Bang Yos sama-sama satu angkatan, satu korps di baret merah. Ada juga yang tidak tercantum di situ. Banyak lah pengalaman operasi bersama Bang Yos sendiri," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.