Sukses

Banjir Rendam RSCM, Kencana dan Rumah Sakit Lain Siap Tampung Pasien

Meski terkena imbas banjir, RSCM Jakarta tetap menerima pasien seperti biasa dan apabila ada yang ingin melakukan radiasi atau rontgen juga tetap bisa.

Liputan6.com, Jakarta - Meski terkena dampak banjir, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo atau RSCM Jakarta tetap menerima pasien.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti. Selain menerima pasien seperti biasa, menurut Lies, apabila ada yang ingin melakukan radiasi atau rontgen, maka masih bisa menggunakan alat di RSCM Kencana.

"Karena mesin-mesinnya dimatiin semuanya, kita cek aman enggaknya, hari pertama kalau besok ada yang diradiasi atau mau di-rontgen, pakai alat yang di Kencana. Karena alat di Kencana enggak kena sama sekali. Itu peralatan juga lengkap, kita bisa ke situ," kata Lies saat dikonfirmasi, Minggu (23/2/2020).

Tak hanya itu, Lies mengaku juga sudah melakukan koordinasi dengan rumah sakit lain. Ia pun siap merujuk pasien RSCM Jakarta ke beberapa rumah sakit lain.

"Tadi semua sudah acc semua. Darmais sudah oke, Siloam sudah oke. Mereka akan terima pasien kita," kata Lies.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Bisa Pakai BPJS

Menurut Lies, untuk skema pembayarannya, semua bisa tetap menggunakan BPJS Kesehatan apabila memang ada yang menggunakannya.

Bahkan, kata Lies, pihak BPJS sudah memberi jalan, meski pun pihak RSCM sudah mengirimkan pasiennya ke rumah sakit lain.

"Pembayaran juga dicover BPJS karena BPJS sudah acc, walau RSCM mengirim, tetap dibayar," tukas Lies.

Sebelumnya, air masuk ke beberapa ruangan di RSCM Jakarta dengan ketinggian beragam. Banjir terjadi sejak pagi tadi.

Pantauan di lapangan, beberapa petugas terlihat sibuk membereskan lantai-lantai yang basah. Alat-alat kantor pun terlihat berserakan.

Terpantau beberapa ruangan yang dibersihkan antara lain Departemen Radio Terapi, Departemen Penyakit Dalam, dan Departemen Radiologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.