Sukses

Alunan Musik dari Gambang Kromong Ramaikan Festival Cap Go Meh di Glodok

Kesenian gambang kromong yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa ini mampu menghibur pengunjung yang datang di perayaan Cap Go Meh 2571.

Liputan6.com, Jakarta - Grup musik gambang kromong menjadi pengiring lagu dalam puncak Festival Cap Go Meh 2571 di Jalan Pancoran, Pinangsia, Pasar Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (8/2/2020).

"Kesenian gambang kromong itu akulturasi dari budaya Tionghoa. Tapi pemain bandnya muslim," ucap gitaris gambang kromong Muhammad Firmansyah. 

Dari pantauan Liputan6.com, tak cuma lagu khas Tionghoa saja yang diperdengarkan, lagu-lagu modern pun sangat indah dilantunkan dengan gambang kromong. 

Kesenian gambang kromong yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa, seperti sukong, tehyan, dan kongahyan ini juga mempersembahkan beberapa lagu untuk menghibur para pengunjung yang datang di perayaan Cap Go Meh 2571. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan di Puncak Perayaan Cap Go Meh

Berdiri sejak tajun 1996, kesenian gambang kromong sendiri telah mengalami regenerasi. Orkes musik ini bahkan telah banyak berkolaborasi dengan berbagai instrumen, baik modern maupun tradisional. 

Seperti halnya Imlek, dalam perayaan Cap Go Meh kali ini juga banyak harapan yang diungkapkan. Salah satunya datang dari salah satu anggota grup musik gambang kromong.  

"Semuanya biar sehat. Agama semua sama. Saling mendoakan yang terbaik," ujar Muhammad Firmansyah.

 

(Okti Nur Alifia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.