Sukses

Cegah Virus Corona, PMI Imbau Masyarakat Gunakan Masker di Tempat Umum

PMI juga menyarankan kepada masyarakat agar menunda sementara perjalanan ke luar negeri, khususnya China.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said mengimbau, masyarakat waspada terhadap penyebaran virus corona. Dia mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan.

"Ini wabah yang baru, kita tentu perlu meningkatkan kewaspadaan dan karena ini virus ya memang kebersihan menjadi hal yang utama," kata Sudirman di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Dia juga mengimbau masyarakat untuk rajin cuci tangan. Jika perlu, menggunakan masker di tempat-tempat umum, sehingga bisa mencegah penularan virus corona.

"Jaga kebersihan cuci tangan berkali-kali kalau diperlukan kalau ke tempat umum sebaiknya menggunakan masker atau hindari tempat umum yang tidak diperlukan," ucapnya.

Sudirman juga menyarankan kepada masyarakat agar menunda sementara perjalanan ke luar negeri, khususnya China. Sebab, negara tersebut masih terdampak virus corona.

"Tapi pesan keseluruhannya adalah kita harus menghindari supaya virus ini tidak menjangkiti masyarakat kita sehingga menjadi sulit dikontrol karena itu lebih baik kita istilahnya risk mitigation, memitigasi resiko dengan cara mencegah tertularnya virus ini," tambah dia.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.