Sukses

Soal Fenomena Kerajaan Baru, BIN: Sudah Terdeteksi Sejak Lama

Klaim kerajaan baru kembali menggegerkan publik di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim kerajaan baru kembali menggegerkan publik di Tanah Air. Selain Keraton Agung Sejagat di Purworejo, kini ada Sunda Empire di Bandung.

Terkait hal ini, Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, pihaknya sudah memantau lama soal kerajaan ini.

"Kita sudah mendeteksi itu lama, mungkin baru muncul sekarang. Itu semuanya lama," kata Budi di Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Dia menuturkan, memang keraton-keraton ada yang tergabung dalam Kerajaan Nusantara. Tapi lain halnya jika ada unsur pidananya.

"Lain hal kalau ada unsur pidana di dalamnya. Diantaranya sekarang yang dikembangkan masalah penipuan dan lain, itu yang ditelusuri," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usai Keraton Agung Sejagat

Belakangan viral soal Sunda Empire-Earth Empire yang ada di Bandung, Jawa Barat. Viralnya ini bermula dari unggahan akun facebook bernama Renny Khairani Miller.

Akun tersebut mengunggah adanya Sunda Empire-Earth Empire pada 9 Juli 2019 lalu. Melalui tangkapan layar yang viral, terlihat beberapa orang yang menggunakan pakaian mirip seragam TNI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.