Sukses

Jokowi: Indonesia Belum Berdikari Dalam Bidang Ekonomi

Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi berpendapat Indonesia belum berdikari dalam bidang ekonomi. Lantaran Indonesia belum memiliki mobil produk dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi berpendapat Indonesia belum berdikari dalam bidang ekonomi. Hal tersebut lantaran negara ini belum memiliki mobil produk dalam negeri.

"Waktu kami membikin mobil Esemka, banyak yang mempertanyakan kenapa harus membuat mobil. Jawabnya, karena sampai saat ini Indonesia belum memiliki brand mobil satu pun. Dan hal ini menjadi tanda bahwa kita belum berdikari dalam ekonomi," kata Jokowi saat berpidato di acara Bulan Bung Karno di Tugu Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6).

Karena itu, Jokowi yang masih menjabat Wali Kota Solo menegaskan, saat ini dirinya menggalakkan mobil Esemka untuk menunjukkan Indonesia harus berdikari dalam bidang ekonomi. Apalagi yang membuat mobil Esemka tersebut kalangan pemuda, yakni anak-anak siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

"Kalau itu jadi mobil Esemka maka kita akan sangat senang karena itu mobil dibuat oleh pemudi-pemuda kita, para pelajar-pelajar kita," terangnya.

Berdikari dalam bidang ekonomi sesungguhnya masuk dalam point Trisakti yang diusung Sang Proklamator Soekarno. Trisakti Bung Karno tersebut terdiri dari Berdaulat dalam Bidang Politik, Berkepribadian dalam Budaya, dan Berdikari dalam Ekonomi.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.