Sukses

Gempa Hari Ini Guncang NTT dan Aceh

Gempa hari ini terjadi di Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sinabang, Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggetarkan sejumlah wilayah Indonesia hari ini. Hingga pukul 18.30 WIB, setidaknya ada dua wilayah di Nusantara yang digetarkan gempa.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Selasa (7/1/2020).

Lindu pertama menggetarkan wilayah Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lindu itu terjadi pada pukul 05:31:52 WIB.

Selain itu, gempa juga membuat Sinabang, Aceh bergetar. Getaran gempa bahkan terasa hingga Tapak Tuan, Singkil, Gunung Sitoli, Nias Utara, Medan, Nias Barat, Meulaboh, dan Simeuleu.

Berikut dua gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wanokaka

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada pukul 05:31:52 WIB.

Pusat gempa berada di 222 kilometer Barat Daya Wanokaka, NTT. Lindu yang terjadi berkekuatan magnitudo 5,4.

Lokasi gempa berada pada titik 8,17 Lintang Selatan dan 118,52 Bujur Timur. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

3 dari 3 halaman

Aceh

Gempa kedua terjadi di Sinabang, Aceh. Getaran lindu bahkan terasa hingga Tapak Tuan, Singkil, Gunung Sitoli, Nias Utara, Medan, Nias Barat, Meulaboh, dan Simeuleu.

Lindu ini berkekuatan magnitudo 6,4. Lokasi gempa berada pada titik 2,29 Lintang Selatan dan 96,24 Bujur Timur dengan kedalaman 13 kilometer.

Pusat gempa berada di laut atau tepatnya di 38 kilometer barat laut Bima. BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 13 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

(Winda Nelfira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).
    Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

    Gempa NTT

  • Gempa Aceh