Sukses

Polri Imbau Pengemudi Jaga Kecepatan Saat Melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek

Hingga memasuki Tahun Baru 2020, Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 38 kilometer ini akan dibuka secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated atau Tol Layang Cikampek mulai beroperasi secara fungsional sejak 15 Desember 2019 setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Hingga memasuki Tahun Baru 2020, tol sepanjang 38 kilometer ini akan dibuka secara gratis. 

Dengan kehadiran tol ini, Jokowi berharap tak ada keluhan lagi terkait kemacetan di ruas tol tersebut yang kerap menjadi momok para pengendra.

"Saya harapkan, kemacetan yang sudah 4 tahun ini kita rasakan, bisa terkurangi dengan baik. Kalau dari hitung-hitungan bisa mengurangi kemacetan 30 persen," ujar Jokowi.

Meski Tol Jakarta-Cikampek telah beroperasi secara gratis, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana mengimbau, agar para pengguna jalan tetap mengemudikan kendaraannya dalam batas normal dan tetap konsentrasi.

Karena meski lalu lintas yang dilalui jauh lebih lancar, lanjut dia, risiko terhadap kecelakaan akan sangat tinggi jika kendaraan dipacu di atas kecepatan maksimal. 

"Kita harus peka dan peduli akan keselamatan diri kita dan orang lain," jelas Chryshnanda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Lantas, bagaimana saat kondisi tubuh sedang tidak fit saat tengah berkendara?

Dia menganjurkan para pengemudi memanfaatkan fasilitas yang disiapkan di setiap rest area. 

"Akan menjadi bagian penting merifreshing dalam berlalu lintas. Keselamatan adalah yang paling utama," pungkas Chryshnanda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.