Sukses

Puan Maharani: Rekomendasi Gibran dan Bobby Maju Pilkada Ada di Megawati

Puan mengatakan, Gibran telah menjadi kader PDIP sebelum mendaftar jadi bakal calon Wali Kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menegaskan, niatan Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution maju Pilkada 2020 tak memutus proses kaderisasi di partai. Gibran dan Bobby merupakan anak serta menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Puan mengatakan, Gibran telah menjadi kader PDIP sebelum mendaftar jadi bakal calon Wali Kota Solo. Sementara Bobby, juga tengah berproses mendaftar jadi calon Wali Kota Medan dari PDIP.

"Gibran setahu saya itu sudah masuk dalam PDIP. Kemudian Bobby biasanya calon yang masuk akan maju jadi calon dari PDIP itu sudah punya kartu anggota dari PDIP. Atau bisa juga mewakili PDIP," ungkapnya, di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

"Saya rasa pilihan mereka untuk maju melalui PDIP sudah melalui pertimbangan matang untuk bersama-sama dengan PDIP bukannya kita memutus kader ya," lanjut Puan.

Puan mengatakan, sebagai bakal calon kepala daerah yang mendaftar ke PDIP, keduanya wajib mengikuti proses fit and proper tes yang berlaku di PDIP.

"Tentu saja karena masuknya dari PDIP, akan ikuti mekanisme fit and proper yang ada di PDIP, kalau kami atau PDIP menyatakan lulus kemudian siap untuk ikut dalam mekanisme tersebut, tentu saja kami akan hormati semua orang yang mendaftar lewat PDIP," jelas Puan.

Meskipun harus bersaing dengan calon yang diusung oleh DPC Surakarta, Puan memastikan keputusan siapa yang bakal diusung PDIP sepenuhnya wewenang Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

"Mereka berdua kalau nanti mendapat rekomendasi dari ketua umum adalah salah satu kader-kader yang akan kita dorong untuk maju dalam pilkada," kata dia

"Ketua umum. Rekomendasi itu ada di ketua umum," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Mendaftar

Seperti diketahui, Gibran telah mendaftar ke DPD PDIP Jateng untuk maju di Pilkada Solo. Gibran mendapatkan hambatan setelah gagal daftar ke PDIP Solo. Sebab, PDIP Solo telah menunjuk Purnomo dan Teguh.

Sementara Bobby, telah mendaftar ke PDIP Medan untuk mendapatkan rekomendasi maju Pilkada Medan. Nasib keduanya kini tergantung Megawati Soekarnoputri.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.