Sukses

Survei INSIS: Fadel dan La Nyalla Senator Paling Sering Muncul di Publik

Liputan6.com, Jakarta - Insitut Riset Indonesia (INSIS) dan Founding Father House (FHH) merilis hasil penelitian kuantitatif berbasis media monitoring terkait dengan citra DPD RI di enam media massa, Jumat, (6/12/2019).

Enam media tersebut adalah Kompas, Koran Tempo, Koran Sindo, Rakyat Merdeka, dan media massa siber, yakni Tribunnews.com dan Detik.com. 

Penelitian ini menghasilkan empat nama anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) yang kerap menghiasi media massa Tanah Air. Analisis ini bedasarkan 232 judul berita yang beredar di media massa.

Dari empat anggota DPD yang kerap menghiasi ruang pemberitaan di media massa, tiga di antaranya merupakan bekas tokoh partai politik. Mereka adalah Fadel Muhammad, La Nyalla Mattaliti, dan Mahyudin.

"Ketiga orang ini sebelumnya pernah aktif di partai politik dan pada 2019 terpilih sebagau senator," jelas Wildan Hakim, Peneliti Institut Riset Indonesia (INSIS). 

Dari nama-nama tersebut, posisi puncak ditempati Fadel Muhammad dengan jumlah 79 artikel. Disusul peringkat kedua La Nyalla Mattailiti dengan jumlah 36 artikel. 

Sementara itu, posisi ketiga ditempati Sultan Bachtiar Najamudin dengan 13 artikel. Dan di posisi keempat dengan 10 artikel ditempati Mahyudin. 

 

2 dari 3 halaman

37 Anggota DPR Warnai Media Massa

Selain itu, terdapat 37 anggota DPR dari 136 anggota yang turut mewarnai ruang publik di media massa.

Tren tema yang sering di publikasi media adalah tentang perebutan kursi pimpinan MPR, profil anggota DPD, perebutan kursi pimpinan DPD dan seterusnya.

 

(Rizki Putra Aslendra)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengaku Keturunan Raja Majapahit, Anggota DPD RI Dilaporkan ke Polda Bali
Artikel Selanjutnya
DPD: Banyak Kapal Asing Masuk Laut Natuna, Tenggelamkan!