Sukses

Profil Irjen Listyo Sigit, Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim Baru

Liputan6.com, Jakarta - Sepeninggal Idham Azis yang kini didapuk menjadi Kapolri, kursi Kabareskrim Polri telah mengalami kekosongan selama sebulan lebih. Kini teka-teki siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai Kabareskrim terjawab sudah. Dia adalah Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit.

Rotasi jabatan ini tertuang dalam Surat Telegram Polri nomor STKab/3229/XII/KEP./2019 tertanggal 6 Desember 2019.

Sebelumnya, nama Listyo Sigit menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mengisi kekosongan tersebut. Saat Kadiv Humas Irjen Mohammad Iqbal dimintai konfirmasi, dia hanya menyebut penunjukkan tersebut adalah hak prerogatif Kapolri Idham Azis. 

"Kapolri Idham pastinya akan menunjuk pejabat tinggi Polri dengan integritas yang mumpuni. Mempunyai track record, rekam jejak yang baik. Karena jabatan Kabareskrim adalah jabatan yang penting di kepolisian," jelas dia, Selasa, 5 Desember 2019.

Kini setelah menjadi Kabareskrim, posisi Kadiv Propam akan diisi Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono yang saat ini menjabat Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Propam Polri.

Lantas, siapa sosok Irjen Listyo Sigit yang kini akan menjadi Kabareskrim yang baru:

2 dari 4 halaman

Karier

Irjen Listyo Sigit merupakan lulusan Akpol 1991. Selama karirnya di Polri, dia pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Listyo juga pernah menjadi Kapolda Banten, Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri, Kapolresta Surakarta pada 2011, Kapolres Sukoharjo pada 2010, dan Kapolres Pati pada 2009.

Setelah itu, pemilik nama lengkap Listyo Sigit Prabowo ini pernah pula menduduki posisi Wakapoltabes Semarang, dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Sebelum menjabat sebagai ajudan Jokowi, Sigit Prabowo sejak Mei 2013 bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

 

3 dari 4 halaman

Pendidikan

Pria kelahiran 5 Mei 1969 ini juga merupakan lulusan S-2 di Universitas Indonesia. Tesis yang diambil saat itu tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Dia pun menjadi lulusan tertua dari Akademi Militer (Akmil).

Ajudan dari TNI AD Kolonel Inf Widi Prasetijono yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Danton Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Surakarta ini merupakan lulusan Akademi Militer 1993.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kabareskrim Baru Janji Prioritaskan Kasus Novel Baswedan
Artikel Selanjutnya
Kapolri Lantik Irjen Listyo Sigit Jadi Kabareskrim