Sukses

La Lembah Manah, Cucu Jokowi yang Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pukul 15.46 WIB, Jumat 15 November 2019, La Lembah Manah lahir. Cucu ketiga Presiden Jokowi itu langsung menyedot perhatian lantaran warganet penasaran dengan wajah dan arti dari namanya, La Lembah Manah.

 

La Lembah Manah pun menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

 

Gibran menjelaskan, arti nama dari adik Jan Ethes Srinarendra tersebut adalah rendah hati. "Depannya ada La. La itu singkatan dari lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku," tutur Gibran.

Setelah menjelaskan arti nama putrinya, Gibran meminta kepada awak media untuk menulis La Lembah Manah dengan ejaan yang ditulisnya di atas secarik kertas. "Ini dicatat dulu biar ejaannya enggak salah, La Lembah Manah," ujarnya.

Saat mengumumkan nama putrinya itu awalnya, Gibran Rakabuming Raka didampingi oleh Presiden Jokowi yang asyik menggendong Jan Ethes.

 

Ibu Negara Iriana Jokowi ikut mendampingi menantunya, Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming Raka selama proses persalinan. Selama mengikuti proses operasi, Iriana dan ibunda Selvi Ananda, Sri Partini mengaku tegang.

"Saya masih deg-degan. Tadi ibunya Selvi ikut tegang karena tadi menunggu operasinya," kata Iriana Jokowi saat konferensi pers di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat, 15 November 2019.

Meskipun tegang, tetapi Iriana mengaku cukup lega dan gembira setelah semua proses operasi kelahiran La Lembah Manah selesai. 

"Tapi tadi ketika sudah keluar (lahir), sudah plong," akunya.

Iriana awalnya datang ke rumah sakit pada Jumat pagi. Ia datang untuk mengantarkan Selvi Ananda masuk ke rumah sakit untuk persiapan persalinan.

Setelah itu, Iriana pulang, sedangkan Gibran Rakabuming Raka masih menemani istrinya di rumah sakit. Lantas, Iriana kembali lagi datang ke rumah sakit pada Jumat siang sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu, ia mengaku datang untuk mendampingi menantunya untuk proses persalinan.

"Ini datang untuk nemani Selvi. Ini nanti Gibran, saya dan saudara-saudara yang di sini," katanya ketika tiba kembali di rumah sakit sebelum istri Gibran Rakabuming Raka itu melahirkan.

Jokowi sendiri masih melakukan tugas kenegaraan di Lampung saat La Lembah Manahlahir.

Usai melakukan kunjungan di sejumlah tempat, Jokowi segera bertolak ke Solo, Jawa Tengah.

Pesawat kepresidenan yang ditumpangi Presiden beserta rombongan telah lepas landas dari Bandara Radin Inten II pukul 16.30 WIB, Jumat.

Selama di Lampung, Jokowi melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Abdul Moeloek, Bandar Lampung untuk meninjau pemanfaatan BPJS Kesehatan.

2 dari 4 halaman

Suka Cita

Sejumlah pedagang pasar tradisional menggelar syukuran atas kelahiran cucu ketiga Presiden Joko Widodo atau Jokowi, La Lembah Manah, di depan Pasar Gede Solo, Sabtu (16/11/2019).

Pada acara syukuran itu, para pedagang menyajikan tiga tampah nasi tumpeng. Juga dua tampah berisi berbagai jenis buah yang dibagikan ke warga dan pengunjung pasar.

Sebelum membagikan makanan kepada warga dan pengunjung pasar, pada pedagang berdoa bersama sebagai tanda syukur atas kelahiran anak kedua dari putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Anak kedua Gibran dan Selvi Ananda lahir pada Jumat 15 November 2019 pukul 15.46 WIB.

Pada pedagang juga memajang poster berisi ucapan selamat kepada keluarga Presiden Jokowi atas kelahiran La Lembah Manah.

"Selamat atas kelahiran putri Mas Gibran, Cucu Presiden Joko Widodo", "Tambah Wayah Tambah Berkah", "Selamat Datang Lembah Manah", demikian antara lain tulisan dalam poster-poster yang dipasang.

3 dari 4 halaman

Harapan

Sehari setelah La Lembah Manah lahir, Jokowi mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas kelahiran cucu ketiganya tersebut.

"Dengan perasaan senang dan bangga, saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah pada hari Jumat, 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Sabtu (16/11/2019).

Jokowi pun memiliki harapan sendiri bagi La Lambah Manah. Jokowi berharap La Lembah Manah tumbuh menjadi anak yang baik, sehat dan berbakti.

"Semoga kelak tumbuh menjadi anak yang baik, sehat dan berbakti," tulis Jokowi.

Presiden merasa bersyukur karena seluruh prosesnya berjalan lancar dan semuanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah nggih, sehat semuanya, sehat semuanya," kata Presiden saat memberikan keterangan kepada para jurnalis di RS PKU.

Dalam foto yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat foto bersama dengan keluarga. Sambil menggendong Jan Ethes, Ia berdiri di samping cucu ketiganya, La Lembah Manah.

La Lembah Manah tampak tertidur di boks bayi. Ia dibedong dengan kain abu-abu dengan penutup kepala berwarna pink.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Go Global di 2024, BUMN Harus Bersih
Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Pengganggu di Natal dan Tahun Baru Ditindak, Ini Respons Polri