Sukses

Anies Baswedan Bakal Hadiri Rakornas PKS Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Rapat Koordinasi Nasional 2019 yang akan dihadiri oleh seluruh pengurus di tingkat pusat dan daerah se-Indonesia. Acara itu digelar pada 14-16 November 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Pada rakornas ini, PKS menyiapkan beberapa agenda koordinasi. Selain arahan yang akan diberikan oleh Ketua Majelis Syuro, PKS juga akan menyampaikan sikap politiknya terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024.

Juru Bicara PKS, Ahmad Fathul menyampaikan, PKS juga akan membahas soal berbagai momentum yang terjadi. Salah satunya Presiden PKS Sohibul Iman beserta Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo, yang oleh banyak kalangan disebut sebagai "Pelukan Kebangsaan".

Hal ini, kata dia, tidak membuat perubahan sikap PKS untuk tetap menjalankan peran sebagai partai oposisi, yang akan menjadi penyeimbang.

"Rakornas 2019 juga akan kami jadikan momentum penegasan dan pengukuhan sikap oposisi PKS", ujar Fathul dalam keterangan tertulis, Kamis (14/11/2019).

Fathul tidak memungkiri ada sebagian anggapan yang mempertanyakan konsistensi sikap PKS, sehingga momentum berpelukan Presiden PKS Sohibul Iman dengan Surya Paloh dan Presiden Jokowi dianggap sebagai bagian dari perubahan sikap PKS.

"Walau kemarin Presiden PKS sempat berpelukan dengan Presiden Jokowi dan Surya Paloh yang notabene merupakan rival politik kami, tapi hal itu tidak mengubah sikap kami untuk tetap berada di luar pemerintahan. Walau pelukan, tapi tetap oposisi." ujar Fathul.

PKS juga akan menggelar koordinasi di berbagai bidang, untuk mulai menyongsong kemenangan di Pemilu 2024 dan Pilkada serentak di tahun 2020.

"Berbagai agenda politik tentu akan dibahas, termasuk hal-hal yang mungkin terkait dengan Pemilu 2024, serta agenda Pilkada serentak di 2020. Tapi yang utama adalah melakukan konsolidasi guna menjaga kepercayaan masyarakat melalui upaya realisasi janji politik serta semakin mengokohkan pelayanan terhadap rakyat.", tandas Fathul.

 

 

2 dari 3 halaman

Dihadiri Anies Baswedan

Sementara, Ketua DPP PKS Pipin Sopia menjelaskan rakornas itu akan dihadiri oleh para petinggi PKS seperti Presiden PKS Sohibul Iman hingga Ketua Majelis Syura Salim Segaf Aljufri. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga hadir dalam rakornas itu.

"InsyaAllah dibuka oleh Ketua Majelis Syuro PKS Habib Dr Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," ungkapnya.

Dalam jadwal acara rakornas PKS hari ini yang diterima merdeka.com, rencananya Anies akan memberikan sambutan di acara rakornas pada pukul 13.40 WIB. Sedangkan Sohibul akan memberikan arahan pada kadernya pada pukul 15.48 WIB.

"Peserta yang hadir adalah Anggota Fraksi PKS DPR RI, Pimpinan DPP PKS, Pimpinan DPW PKS se-Indonesia," ucapnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan
  • PKS