Sukses

Gelar Rapat Pleno Malam Ini, Konflik di Golkar Tak Kunjung Reda

Liputan6.com, Jakarta - DPP Golkar bakal menggelar rapat pleno pada Selasa (5/11/2019) malam ini. Hasil rapat pleno tersebut akan dibawa ke rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Kamis (5/11/2019), jelang Musyawarah Nasional (Munas) Golkar.

Waktu penyelenggaraan munas semakin dekat, namun konflik antara dua kubu di Golkar kembali muncul.

Politikus Golkar Aziz Syamsuddin mengkritik wacana Bambang Soesatyo atau Bamsoet maju di Munas Golkar. Tim sukses Ketum Golkar Airlangga Hartarto itu menuturkan tak bisa melarang orang untuk maju dalam Munas.

Namun, dia mengingatkan, ada konsekuensi yang bakal dihadapi. Sebelumnya, Bamsoet dan Airlangga memiliki kesepakatan terkait pencalonan Ketum. "Kalau melanggar komitmen kan biar masyarakat yang menilai, biar Allah yang melaknat," kata Aziz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 4 November 2019.

Sementara, fungsionaris DPP Partai Golkar, Sirajuddin Abdul Wahab, meminta Aziz tidak naif. Pasalnya, sampai sekarang Bamsoet tak pernah menyatakan mundur dari pencalonan.

"Bamsoet tidak pernah mengatakan mundur, bahkan lebih dulu mendeklarasikan diri untuk menjadi calon ketua umum," ucap Sirajuddin dalam keterangannya, Selasa (5/11/2019).

"Urusan politik itu sangat dinamis dan perlu kecerdasan dan kematangan mental dalam menjalaninya," lanjut Sirajuddin. Dia menyebut, reaksi yang ditunjukkan Aziz sangat tidak dewasa. 

2 dari 2 halaman

Soal Rapat Pleno

DPP Golkar bakal menggelar rapat pleno pada Selasa 5 November 2019. Agenda rapat pleno tersebut merupakan penetapan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar.

"Tahapannya iya, kan nanti diputuskan dalam pleno, tanggal 5 itu. Agendanya apa, disepakati dalam pleno, kita jalan," kata politikus Golkar Aziz Syamsuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily membenarkan agenda rapat pleno terkait Munas bakal di kantor DPP sekitar pukul 19.30 WIB.

Ace juga mengungkap rangkaian agenda berikutnya yaitu agenda perayaan ulang tahun Golkar pada Rabu 6 November 2019, dan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Kamis 7 November 2019.

"Lusa melaksanakan puncak di hotel Sultan, jam 19.30. dan kemungkinan masih dibahas akan dilaksanakan rapat pimpinan nasional, Kamis," kata dia.

Ace enggan mengungkapkan siapa ketua panitia Munas Golkar 2019. Dia memastikan sudah ada strukturnya.

"Saya tak bisa menyampaikan itu ke publik sebelum disahkan dalam rapat pleno," ucap Politikus Golkar ini.

Ace juga memastikan Munas Golkar hampir dipastikan bakal digelar awal Desember. Tepat lima tahunan penyelenggaraan Munas partai beringin itu. Dia juga bilang Munas kemungkinan bakal digelar di Jakarta.

"Ya pas 5 tahun. Setidaknya bulannya sama. Ini komitmennya kami supaya periode 5 tahun sama dengan Munas 5 tahun lalu," kata Ace.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Strategi Pemerintah Hadapi Tantangan Ekonomi di 2020
Artikel Selanjutnya
Tepis Prediksi CORE, Menko Airlangga Pede Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen di 2020