Sukses

Cara Menkes Terawan Tekan Defisit BPJS Kesehatan

Fokus, Jakarta - Kedatangan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ke Kantor Pusat BPJS Kesehatan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, bertujuan meninjau kinerja dan penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh BPJS kesehatan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (26/10/2019), untuk menyelesaikan masalah defisit anggaran tersebut, rencana kenaikan iuran JKN-KIS akan segera ditetapkan.

Namun demikian, diperlukan kajian yang komprehensif agar sesuai dengan kemampuan membayar masyarakat.

Selain itu, Terawan akan membentuk tim kecil terdiri dari Kementerian Kesehatan, BPJS, dan lembaga terkait. Tim tersebut akan bertugas membantu kinerja BPJS kesehatan dalam menangani permasalah defisit anggaran.

BPJS kesehatan sendiri selama ini telah berupaya mengoptimalkan kinerja dengan berbagai strategi agar tak lagi terjadi defisit anggaran. Salah satunya dengan cost sharing tanpa mengurangi fasilitas dan layanan yang diterima oleh peserta BPJS kesehatan.

Sementara, Menkes sendiri telah melakukan langkah awal dengan melakukan gerakan moral secara pribadi, yakni mendonasikan gaji pertama dan tunjungan kinerja ke BPJS kesehatan. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS