Sukses

Mendagri Tito Bertolak ke Papua Persiapkan Kunjungan Jokowi

Tito bertolak ke Papua untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke provinsi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ketiga Tito Karnavian menduduki jabatan barunya sebagai Menteri Dalam Negeri, mantan Kapolri itu ditugaskan berangkat ke Papua, Jumat (25/10/2019).

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan, Tito bertolak ke Papua untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke provinsi itu.

"Beliau ke Papua. Besok kan Bapak Presiden ke Papua," kata Hadi kepada Liputan6.com, Jumat (25/10/2019).

Soal perihal kehadiran Tito ke sana, dia menuturkan memang sudah menjadi tupoksinya.

"Kan sebagai Mendagri terkait memantapkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya pelayanan publik," pungkas Hadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Tahu Lapangan

Sejak awal Tito memang sudah diagendakan bertolak ke Bumi Cenderawasih di hari-hari pertama bekerja sebagai Mendagri. Hal itu diutarakan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Agenda Tito ke Papua, lanjutnya, tak lepas dari soal keamanan dan Mendagri akan berada di sana hingga Senin mendatang.

Tito, kata Hadi, punya latar belakang mumpuni menangani keamanan di Papua. Sebab sebelum menjabat Mendagri, Tito pernah melaksanakan operasi bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menangani konflik Papua.

"Beliau pertama mantan Kapolda (Papua), mantan Kapolri, otomatis dia yang tahu lapangan," ujar Hadi.

Selama di Papua, Tito bakal didampingi Plt Kapolri Komjen Ari Dono Sukamto. Selain itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dijadwalkan turut mendampingi kehadiran Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.