Sukses

Prabowo sebagai Menhan Baru, Riyamizard: Ini Amanah

Riyamizard Riyacudu yakin bahwa Prabowo sebagai penggantinya di Kementerian Pertahanan mampu bekerja dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto masuk dalam kabinet keduanya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) menggantikan pendahulunya, Ryamizard Ryacudu.

Ryamizard pun terharu ketika menghadiri apel perpisahan dirinya dengan para staf Kementerian Pertahan (Kemenhan). Meski begitu, dia yakin bahwa Prabowo sebagai penggantinya mampu bekerja dengan baik.

"Bagi saya tidak masalah, ini kan amanah," tutur Ryamizard di teras Gedung Urip Sumoharjo, Kemenhan, Jakarta (23/10/2019).

Dia menjelaskan, amanah yang dulu diembannya itu juga sudah dia selesaikan sebelum posisi diserahkan kepada Prabowo. Artinya, Prabowo tak memiliki pekerjaan rumah khusus dari pendahulunya. Namun, Ryamizard mengungkapkan bahwa dia sendiri tak pernah bertemu Prabowo.

"Saya menyelesaikan amanahnya dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Selain itu, dia mengaku bahwa pilihan Jokowi ini adalah hal yang lazim.  "Biasa saja, kenapa? Biasa-biasa saja, kenapa?" dia mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apel Perpisahan

Dengan mengenakan kemeja putih, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menghadiri apel terakhirnya di kementerian yang ia komandoi. Tak terasa masa jabatannya sebagai orang nomor satu dalam kementerian tersebut telah usai.

Ia terlihat begitu terharu menghadiri apel perpisahan yang digelar di lapangan Kemenhan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Setelah apel usai, ia nampak di tuntutan untuk menaiki tangga di teras gedung Jenderal Urip Sumoharjo.

Di sana ia mungkin terakhir kalinya berbicara di depan media dalam kapasitasnya sebagai Menhan. Pasalnya, posisinya akan digantikan oleh Mantan Komandan Kopassus sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sebelum berbicara kepada media, Ryamizard nampak menyeka air matanya dengan sapu tangan putih. Ia samar mengatakan tak mau terlihat mengeluarkan air mata.

Menurut Ryamizard, ia percaya Prabowo pasti mengerti ihwal maslah pertahanan. Ia pun percaya jika Prabowo memahami agenda keamanan RI.

"Di mana-mana kita menyesuaikan, bukan kementerian harus menyesuaikan kita, tapi kita harus menyesuaikan kementerian," katanya di teras Gedung Urip Sumoharjo, Kemenhan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Tatkala ditanya mengenai pekerjaan rumah apa yang mesti dilanjutkan oleh Prabowo, Riyamizard mengatakan bahwa semua sudah selesai. "Gak ada, selesai," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.