Sukses

Presiden Jokowi Lantik Menteri Kabinet Kerja Jilid II Hari Ini

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dahulu mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilaksaakan di Istana Negara Jakarta, hari ini, Rabu (23/10/2019).

"Pelantikan jam 10.00 WIB," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono saat dihubungi, Selasa (22/10/2019).

Namun, berdasar undangan pelantikan yang beredar, acara baru dimulai pukul 10.30 WIB.

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dahulu mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan. "Besok perkenalan jam 8," ucapnya.

Heru menjelaskan, Istana telah menyiapkan 34 kemeja putih bagi para menteri. Baju tersebut akan digunakan saat dilantik sebagai menteri Kabinet Kerja Jilid II.

"Betul (34), akan dipakai oleh calon menteri,” kata dia.

Dalam undangan yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara, tertulis para pejabat yang dilantik wajib datang ke Istana pukul 07.00 WIB dengan menggunakan batik lengan panjang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panggil Para Calon Menteri

Sejak Senin (21/10/2019), Jokowi memanggil calon menteri Kabinet Kerja Jilid II ke Istana Merdeka. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

Calon menteri pertama yang dipanggil adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, kemudian disusul CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Tak lama berselang, Jokowi memanggil Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama Kusubandio, pengusaha Erick Thohir dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Berikutnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, peneliti Nico Harjanto dan mantan Mensesneg Pratikno. Menjelang sore hari, Jokowi memanggil Ketua Umum Gerindra yang juga rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Waketum Edhie Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.