Sukses

Christiany Eugenia Paruntu, Sosok Bupati Cantik yang Dipanggil Jokowi

Christiany Eugenia Paruntu merupakan anak dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Tarutu dan seorang politikus terkenal Jenny Y Tumbuan.

Liputan6.com, Jakarta - Christiany Eugenia Paruntu mendatangi Istana Negara pagi ini. Ia pun dipilih menjadi salah satu menteri yang bakal membantu Jokowi. Perempuan yang akrab disapa Tetty itu saat ini menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan.

Christiany Eugenia Paruntu dipilih Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin untuk membantunya di Kabinet Kerja Jilid II.

Dia merupakan anak dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Tarutu dan seorang politikus terkenal Jenny Y Tumbuan.

Wanita kelahiran Manado, 25 September 1967 mengenyam pendidikan dasar hingga tinggi. Karena, wanita yang akrab disaoa Tetty ini berasal dari keluarga dengan latar belakang pendidikan tinggi.

Tetty mulai terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Golkar.

Berikut profil singkat Christiany Eugenia Tetty Paruntu dihimpun Liputan6.com:

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pendidikan

Pendidikan tingkat dasar ditempuh Tetty pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Budi Mulia, Bogor, Jawa Barat.

Pada sekitar 1981, keluarga Paruntu pindah ke Inggris karena ayahnya Jopie Taruntu menempuh program Ph.D di sebuah universitas di kota Nottingham.

Kesempatan emas ini dipergunakan Tetty untuk mengenyam pendidikan Sekolah Menengah di Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington, Notingham, Inggris.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan formal di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis.

Di samping itu, Tetty Paruntu juga tercatat pernah menempuh pendidikan formal pada West London College dan mengambil jurusan Sistem Informasi Managemen.

Pada 1990, Tetty Paruntu bersama keluarganya kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikan formal di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia MAYAGITA, LPI.

 

3 dari 5 halaman

Karier

Tetty memutuskan untuk berkecimpung dalam tiga bidang karir sekaligus yaitu pengusaha, politisi, dan pekerja sosial.

Kiprahnya sebagai pengusaha telah terbukti dengan keberhasilannya memimpin beberapa perusahaan seperti PT Puspita Adhiniaga Indonesia, PT Chandra Ekakarya Pratama, PT Trutama Star, dan beberapa perusahaan lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Terjun ke Politik

Pada saat yang hampir bersamaan, Tetty mulai dengan bergabung dengan salah satu partai besar di Indonesia yaitu Golkar.

Sejak berkiprah dalam partai, Tetty Paruntu pernah menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar dan masih aktif bertindak selaku Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara.

Dalam bidang sosial kemasyarakatan, kiprah Tetty Paruntu juga dikenal luas masyarakat.

Istri dari Sonny Frans Tandayu tercatat aktif dalam beberapa organisasi masyarakat antara lain Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, dan KNPI Jakarta Selatan.

 

5 dari 5 halaman

Raih Banyak Penghargaan

Tetty Paruntu meraih penghargaan Best Dressed Woman Indonesia (1992). Ia juga menerima penghargaan Lions Club International (2007).

Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post pada 2009 ini adalah bukti kepedulian dan pengabdian Tetty Paruntung kepada masyarakat di sekitarnya.

 

Reporter : Meilia Hardianti

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.