Sukses

Sambangi Istana Bersama Prabowo Subianto, Ini Profil Edhy Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Edhy Prabowo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendatangi Istana Kepresidenan pada Senin, 21 Oktober 2019 pada pukul 16.10 WIB.

Belakangan, Edhy Prabowo yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini dikabarkan akan duduk di kursi menteri Jokowi-Ma'ruf Amin.

Edhy dan Prabowo Subianto diketahui berhubungan dekat. Bahkan, Edhy merupakan orang kepercayaan Prabowo.

Persahabatan keduanya sudah dimulai sejak masih di militer. Diketahui, baik Edhy maupun Prabowo sama-sama lulusan dari TNI.

Pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Barat pada 24 Desember 1971 bukanlah orang baru di dunia politik. Ia pernah duduk di kursi DPR pada periode 2014-2019 sebagai Ketua Komisi IV.

Berikut profil singkat Edhy Prabowo dihimpun Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

Pendidikan

Edhy Prabowo menempuh pendidikan S1 nya di Universitas Moestopo. Ia mengambil jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Ekonomi.

Kemudian, Edhy lanjut S2 Master of Business Administration Swiss.

3 dari 6 halaman

Mantan TNI

Jejak karir Edhy dimulai pada 1991 ketika dirinya diterima sebagai anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Namun karirnya di dunia militer hanya bertahan dua tahun.

Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan. Karena ia adalah orang yang tidak mudah putus asa dan memiliki semangat juang tinggi, setelah keluar dari Akabri, dia menginjakkan kaki ke Jakarta.

 

4 dari 6 halaman

Orang Kepercayaan Prabowo

Di Jakarta, Edhy Prabowo tinggal di rumah orangtua teman bersama teman-temannya yang lain. Dari sinilah, awal kesuksesannya dimulai.

Tak disangka, temannya tersebut merupakan sahabat Prabowo Subianto yang kala itu masih berpangkat Letkol dan menjabat Dangrup III TNI AD.

Kemudian, Edhy dibiayai Prabowo mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Selain itu, Edhy juga diminta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo. Dia menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania. Kala itu, Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy akhirnya memberanikan diri menjadi caleg di kampung halamannya yakni Dapil Sumatera Selatan II dan berhasil karena memiliki suara terbanyak.

Ternyata nama Prabowo di belakang namanya membuat berkah dirinya. Banyak orang mengira bahwa dia adalah anak kandung Prabowo Subianto, padahal sebenarnya adalah anak angkatnya.

 

5 dari 6 halaman

Jejak Karier

Edhy Prabowo merupakan Anggota Akabri pada 1991 dan bertahan hingga 2 tahun. Ia kemudian menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Saat itu, ia menjadi Ketua Komisi IV DPR dan Ketua Fraksi Partai Gerindra. Edhy Prabowo menjadi Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Ia juga merupakan atlet pencak silat nasional. Edhy pernah berjaya di event Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan beberapa kejuaraan lainnya tingkat mancanegara.

 

Reporter : Ashri Shabrina

Sumber : Merdeka

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Prabowo Ingin Terapkan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta
Artikel Selanjutnya
Hadiri Rapim Kemhan, Ini 3 Pesan Jokowi untuk Menhan Prabowo Subianto