Sukses

Lawan Covid-19, Solidaritas Merah Putih Bagikan Sembako dan Masker

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) melakukan aksi door to door membagikan paket sembako dan masker kepada sejumlah warga di Perumahan Pondok Timur,Perumahan Narogong dan Perumahan Galaxy Bekasi, yang terdampak virus corona (Covid-19). Aksi dilakukan dengan bekerja sama dengan alumni SMA Regina Pacis Jakarta Angkatan 92.

Ketua Solmet DPD Bekasi Nugroho aksi ini merupakan langkah lanjutan melawan Covid-19 setelah sebelumnya membagikan wadah cuci tangan gratis dan edukasi mencuci tangan pada Rabu 1 April 2020 di beberapa RW di Perumahan Taman Narogong Kelurahan Bojong, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi.

"Ini sebagai rasa persaudaraan dan solidaritas kami membantu masyarakat dan pemerintahan dalam memerangi virus yang sudah sangat mengganggu. Paling tidak kami ikut mengedukasi kewajiban untuk memakai masker dan hidup bersih serta sedikit meringankan beban hidup masyarakat kecil," ujarnya Rabu (8/4/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Nugroho tetap menerapkan prinsip physical distancing, menggunakan APD seperti masker, pelindung wajah dan sarung tangan. Sasaran gerakan ini adalah wong cilik yang secara ekonomi terdampak virus ini, seperti supir ojek, supir taksi, supir angkot, buruh yang dirumahkan tanpa ada lagi penghasilan juga pedagang kecil yang tidak bisa berjualan lagi ada.

Nugroho menyatakan, pihaknya memproduksi sendiri wadah cuci tangan dari jerigen juga masker kain dan penutup wajah dari plastik.

"Itu dibuat ibu ibu Solmet dari rumah masing masing dibawah arahan Ibu Dwi Murni dan Ibu Ernie Takalawang. Semoga apabila ada banyak donatur dan sponsor yang membantu kita bisa produksi lebih banyak lagi dan membagikan secara gratis. Ini adalah panggilan nurani kami sebagai anak bangsa," katanya.

Solidaritas Merah Putih juga merencanakan Baksos Solidaritas Melawan Covid-19 ini berlanjut hingga puasa Ramadan, tepatnya mulai 8-27 April 2020 kolaborasi dengan belasan Komunitas Relawan Jokowi yang tergabung dalam Forum Relawan Jokowi di ratusan titik Sejabodetabek. 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: