Sukses

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Sulawesi Utara

BMKG menyatakan, gempa pada kedalaman 10 kilometer di laut itu tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang kawasan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Gempa terjadi pada Senin dini hari (14/10/2019) sekitar pukul 02.35 WIB atau 03.35 Wita.

Pusat gempa berada di laut pada koordinat -0.15 lintang selatan (LS) dan 124.77 bujur timur (BT) atau 102 km tenggara Kecamatan Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id menyatakan, lindu pada kedalaman 10 kilometer di laut itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini dapat dirasakan di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara dengan skala guncangan III MMI, yakni di Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Minahasa, Minahasa Selatan, Bitung, Tondano, dan Kotamobagu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Ambon

Gempa juga mengguncang wilayah Ambon, Maluku Senin dini hari tadi, sekitar pukul 01.45 WIB atau 02.45 Wita.

Gempa berkekuatan magnitudo 3,6 itu berada di koordinat 3.6 lintang selatan (LS) dan 128.29 bujur timue (BT) atau 18 kilometer timur laut Ambon.

Gempa yang berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer itu mengguncang Ambon dengan skala III MMI. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Sulawesi Utara