Sukses

Galang Dana untuk Wamena, Menhub Senam Maumere Bareng Solidaritas Masyarakat Papua

Liputan6.com, Jakarta - Solidaritas Masyarakat Papua yang terdiri dari pejabat, warga Papua menggelar acara galang dana dan senam bersama di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10/2019). Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi turut menghadiri acara ini.

Dia ikut melakukan senam Maumere bersama para masyarakat yang hadir. Tak lupa, Budi juga mengenakan hiasan kepala khas Papua.

"Hari ini kita ingin satu suasana lain, kitorang basodara jadi suatu konsep yang bagus. Kita ngobrol-ngobrol ada (perwakilan) Uncen (Universitas Cendrawasih), dari ITS masih jalan, dan dari UGM,” tutur Budi di lokasi.

“Saya senang sekali. Nanti ada grup Papua original juga, keren ya. Makanya kita nanti jalan sama-sama, kita ekspresikan kita bersaudara," lanjutnya.

Pantauan Liputan6.com, senam sudah dimulai sejak pukul 06.20 WIB. Turut hadir Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakatoni, Bupati Yahukimo Abock Busup, Bupati Fakfak Mohammad Uswanas, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu, dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Puluhan warga Papua dan masyarakat mengikuti kegiatan ini. Mereka kompak mengenakan baju bewarna putih dengan logo bendera Indonesia di bagian dada bertuliskan ‘Kitorang Basodara’.

 

2 dari 2 halaman

Jalan Sehat Galang Dana

Usai senam, Menhuh Budi beserta para pejabat Papua dan masyarakat kemudian melakukan jalan sehat mengelilingi kawasan Bundaran HI. Jalan sehat ini juga diiringi dengan penampilan meriah dari marching band yang bersemangat menggebuk drum dan meniup terompetnya.

Dari acara ini, terkumpul dana sumbangan ‘Peduli Wamena Papua’ sebesar Rp 1,5 miliar. Budi kemudian menyerahkan simbolisasi dana sumbangan ini kepada Bupati Yahukimo, Abock Busup.

“Jadi saya kira hari ini luar biasa, surprise kebangsaan, kita senang sekali. Hari ini Bapak Menteri ada tokoh masyarakat, ada generasi muda, ada artis dari Papua, ada wakil gubernur, dan banyak bupati serta pejabat dari Papua,” ungkap Abock.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia komitmen untuk utuh nasionalisme yang mutlak,” imbuhnya.

Acara ini adalah hasil kerja sama Kementerian Perhubungan dengan Kagama, ITS, dan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Cendrawasih.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Program Wirausahawan Muda Prudential Tingkatkan Kualitas Hidup Anak Muda Papua
Artikel Selanjutnya
Aksi Heroik TNI dan Warga Kibarkan Merah Putih di Tower Navigasi Papua