Sukses

Fakta Candaan Berujung Maut yang Tewaskan 2 Mahasiswa UIN

Dua mahasiswa UIN Lampung tewas tenggelam akibat bercanda. salah seorang teman yang ingin menolong justru ikut tenggelam bersama-sama.

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari bercanda, dua mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (UIN Raden Intan) meninggal dunia akibat tenggelam di embung Fakultas Tarbiyah, Senin 7 Oktober 2019. 

Dua mahasiswa tersebut bernama Azrul Amin (18) dan Ikbal Firmansyah (18) dari Fakultas Tarbiyah Jurusan Matematika.

"Iya benar kami dapat informasi ada dua mahasiswa tenggelam," kata Humas Basarnas Lampung, Deni Kurniawan.

Sementara itu, Wakil Rektor III UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin menuturkan pihaknya sedang mengumpulkan saksi-saksi terkait kejadian tersebut.

Lantas, bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi? 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gara-Gara Lempar Sepatu

Kejadian bermula saat sepatu Ajrul dilempar ke dalam embung. Melihat sepatunya terlempar jauh Airul langsung terjun dan mengambil sepatunya.

Kemudian Iqbal melihat tidak ada tanda-tanda kemunculan Airul. Dia pun lalu memutuskan ikut terjun untuk menolong Airul. 

Namun, nahas mahasiswa Fakultas Ilmu Matematika tersebut tewas karena tidak pandai berenang.  

"Iya benar kami dapat informasi ada dua mahasiswa tenggelam. Informasinya satu yang tenggelam tapi temannya ikutan nolong, tapi ikut tenggelam juga," kata Humas Basarnas Lampung, Deni Kurniawan.

3 dari 3 halaman

Kedalaman Embung 5 meter

Tim Inafis Polresta Bandarlampung telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) atas kematian dua mahasiswa tersebut.

Selain itu, tim juga telah mengidentifikasi tepian embung saat dua korban yang tenggelam bersama ketiga kawannya berada di tempat itu sebelum kejadian.

Diketahui, embung tempat dua mahasiswa tenggelam ini memiliki kedalaman 5 meter.

Atas kejadian ini, pihak kampus UIN Bandar Lampung mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk tidak bercanda secara berlebihan agar kejadian yang sama tak terulang kembali.

 

(Jagat Alfat Nusantara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.