Sukses

Bara Api di Gunung Merapi Dipadamkan dengan Teknik Menggunakan Pasir

Kesulitan yang saat ini dihadapi petugas gabungan memadamkan bara api di Taman Nasional Gunung Merapi adalah kurangnya sumber air.

Fokus, Magelang - Bara api masih ditemukan tim gabungan di sejumlah lokasi di Taman Nasional Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah, Selasa pagi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (8/10/2019), oleh tim yang beranggotakan BPBD, TNI dan Polri, bara api dipadamkan dengan cara ditimbun pasir.

Upaya mematikan bara api atau mop up dilakukan untuk mencegah api kembali berkobar akibat tiupan angin yang kencang.

Kesulitan yang saat ini dihadapi petugas gabungan adalah kurangnya sumber air. Tim dari pemadam kebakaran, Selasa pagi, ikut dikerahkan dengan membawa ribuan liter air.

"Tapi kita perlu yang mop up itu bahwa kita memastikan bara api benar-benar padam dan mop up itu kita ada kendala dengan air. Hari ini kita dibantu air dari damkar ini 5.000 liter," ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Pujiati.

Kebakaran yang melanda Taman Nasional Gunung Merapi telah terjadi sejak pekan lalu. Upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan 700 personel gabungan. Hingga kini penyebab kebakaran masih belum diketahui.