Jokowi Dengarkan Masukan dari Tokoh Lintas Agama soal RUU KUHP dan Revisi UU KPK

Jokowi Dengarkan Masukan dari Tokoh Lintas Agama soal RUU KUHP dan Revisi UU KPK

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendengarkan masukan dari tokoh lintas agama dan budayawan terkait isu-isu politik dan hukum. Para tokoh memberi masukan soal revisi Undang-Undang KPK dan RUU KUHP.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (27/9/2019), sejumlah isu aktual dibahas. Di antaranya penanganan kebakaran hutan dan lahan, permasalahan Papua, dan demonstrasi mahasiswa menolak UU KPK yang baru serta RUU KUHP.

Soal penanganan terhadap demo mahasiswa, Jokowi akan menghubungi Kapolri.

"Nanti akan saya telepon langsung kepada Kapolri agar dalam menangani setiap demonstrasi itu dilakukan dengan cara-cara yang tidak represif, yang terukur. Namun, kalau sudah anarkistis seperti tadi malam, ya memang harus tindakan tegas," ujar Presiden Jokowi.

Mengenai UU KPK yang baru, tokoh lintas agama dan budayawan menyarankan penerbitan Perppu yang mencabut UU KPK.

"Ada opsi lain yang tadi cukup kuat disuarakan yaitu lebih bagus mengeluarkan Perppu agar itu ditunda dulu sampai ada suasana yang baik untuk membicarakan isinya dan karena ini kewenangan presiden. Kami semua hampir sepakat menyampaikan usul itu. Presiden juga sudah menampung dan pada saatnya tentu yang memutuskan Istana. Kami menunggu dalam waktu sesingkat singkatnya," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Tokoh yang hadir pada kesempatan itu di antaranya ketua PP Muhammadiyah, Sekjen PBNU, ketua KWI, PGI, Permabudhi, Persatuan Agama Konghucu, Quraish Shihab, dan Frans Magnis Suseno.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 27 September 2019, 09:32 WIB

Video Terkait

Spotlights