Sukses

Sandiaga Uno, Ma'ruf Amin hingga Megawati Akan Hadiri Sidang Tahunan 2019

Pidato kenegaraan 16 Agustus dan nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 akan digelar hari ini, Jumat 16 Agustus 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Pidato kenegaraan 16 Agustus dan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 akan digelar hari ini, Jumat 16 Agustus 2019. Sejumlah pejabat dijadwalkan hadir dalam sidang tersebut termasuk bekas calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

"Sandiaga dan Ma'ruf konfirm hadir," kata Sekjen DPR Indra Iskandar, Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019 malam.

Presiden kelima sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden Try Sutrisno sudah dipastikan hadir. Namun, Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono dan BJ Habibe belum memberikan konfirmasi apakah akan hadir atau tidak, dalam sidang tahunan.

"Dari mantan presiden yang belum konfirm hadir Pak SBY Boediono dan Habibie," ungkap Indra.

Dia memaparkan, jika ditotal, jumlah peserta yang akan hadir sekitar 10.000 orang. Terdiri dari kedutaan besar, anggota MPR, DPR dan DPD, para teladan dan asosiasi.

"Kalau dalam rekapitulasi kami terakhir mulai dari teladan di depan sini, mencapai 10.000, termasuk anggota DPD, DPR, kedutaaan, lembaga tinggi negara, lembaga-lembanga LPMK," ucap Indra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Pidato

Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap membacakan pidato di Sidang Tahunan MPR, hari ini Jumat (16/8/2019). Jika tak ada perubahan, pidato ini akan dibacakan Jokowi sebanyak tiga kali dalam tema yang berbeda.

Menurut informasi dihimpun, pidato Presiden Jokowi pertama akan berisi tentang rapat tahunan MPR RI tahun 2019. Sesi selanjutnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang kemerdekaan Republik Indonesia di usia yang ke-74.

Jokowi memang belum mengungkap apa tema pidato yang akan dibacakan. Namun Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, pesan yang disampaikan pada sidang kali ini adalah menjahit kembali persatuan usai terjadinya polarisasi di masyarakat karena Pilpres 2019.

"Artinya, persaingan sudah usai. Mari sekarang kita bersama-sama mendukung pilihan rakyat agar Indonesia lebih baik," kata Zulhas mengungkap garis di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2019.

Sesi terakhir, rencananya Presiden Jokowi akan membacakan pidato tentang Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.