Sukses

Jembrana Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Ini

Gempa Bali berkekuatan magnitudo 4,9 dan 5 itu terasa hingga Banyuwangi dan Jember, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Kabupaten Jembrana, Bali diguncang gempa dua kali hari ini, Senin (21/8/2019). Gempa pertama terjadi pada pukul 05.08 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,9. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya, www.bmkg.go.id mengatakan, titik gempa berada di 88.7 lintang selatan dan 114.47 bujur timur atau 59 kilometer barat daya Jembrana, Bali.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa wilayah di Bali hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Adapun guncangan yang dirasakan di Jembrana berskala MMI II-III, Kuta (MMI III), Banyuwangi (MMI II-III), Jimbaran (MMI II), Nusa Dua (MMI II), dan Denpasar (MMI II).

Gempa kedua terjadi pada pukul 05.51 WIB dengan kekuatan lebih tinggi yakni magnitudo 5. Titik gempa berada di 9.85 lintang selatan dan 113.95 bujur timur atau 181 kilometer barat daya Jembrana, Bali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu diperkirakan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data BMKG, gempa tersebut juga dirasakan di beberapa lokasi di Bali hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Gempa terasa di Kuta dengan skala MMI II, Denpasar (MMI II), Banyuwangi (MMI II), dan Jember (MMI II).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.