Sukses

Ki Manteb Soedharsono Beri Wayang Kresna pada Presiden Jokowi

Ratusan masyarakat memenuhi halaman Istana Negara untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Soedharsono.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan masyarakat memenuhi halaman Istana Negara untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Soedharsono. Kali ini Ki Manteb memainkan lakon Kresno Jumeneng Ratu.

Sebelum memulai ndalang, secara simbolis Ki Manteb memberikan tokoh Wayang Kresna kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi begitupun sebaliknya. Setelah itu, Ki Manten mulai memainkan lakon Kresno Jumeneng Ratu.

Setelah itu Jokowi kembali duduk disamping Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Hadir pula ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Mensesneg Praktikno membuka acara dan sempat bercerita dihadapan Jokowi, bahwa Ki Manteb Soedarsono sempat protes lantaran diberitahu untuk tampil dan berlatih hanya dua minggu.

"Pak Manteb protes ini manggung wayang kok hanya diberi waktu 2 minggu. Ini zamannya serba cepat. Jadi prosesnya sangat cepat," kata Pratikno dihadapan tamu undangan pagelaran Wayang di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Pratikno berharap pagelaran wayang kulit kali bisa dinikmati masyarakat di Istana walaupun terbatas. Dan seni tradisional lain dapat mengharumkan nama Indonesia.

"Ini pesan bahwa kita harus nguri uri budaya bangsa. Itulah kekayaan kita yang harus kita kembangkan," lanjut Pratikno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan HUT RI

Praktikno menjelaskan pagelaran ini adalah bagian dari peringatan kemerdekaan yang bertema Sumber Daya Manusia yang unggul Indonesia Maju. Dia menjelaskan mulai dari 1 Agustus di kain 74 meter Jokowi membatik bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Stasiun MRT Bundaran HI. Disambung dengan doa kebangsaan.

"Disambung doa kebangsaan dan hari ini disambung pagelaran wayang kulit oleh ki mantep sudarsono. Ingat slogan beliau pancen oye," lanjut Pratikno.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.