Sukses

Gempa Banten, BMKG Prediksi Ketinggian Tsunami Maksimal 3 Meter saat Tiba di Pesisir

Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Banten. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Banten. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu berpotensi tsunami.

Hingga pukul 20.29 WIB, Jumat (2/8/2019), peringatan dini tsunami belum dicabut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gelombang tsunami diperkirakan sampai ke pesisir pukul 19.35 WIB. Dia menyebut, tinggi gelombang tsunami mencapai 3 meter di pesisir.

"Ketinggian gelombang tsunami 0,5 meter, maksimal 3 meter. Setiap wilayah berbeda," kata Dwikorita dalam konferensi pers BMKG, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, BMKG akan menunggu hingga 2 jam atau 21.35 setelah peringatan dini tsunami untuk woro-woro itu.

"Morpologi laut kita sangat unik dan beragam. Jika di teluk bisa teramplifikasi melompat, menguat gelombangnya, lebih dari 1 meter," ujar Dwikorita saat konferensi pers gempa Banten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Jakarta

  • Tsunami