Sukses

Klarifikasi Nasdem Soal Dukung Anies Maju Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate meluruskan ucapan pernyataan ketua umumnya yakni Surya Paloh yang menyebut akan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju di Pilpres 2024. Menurut Plate, Surya Paloh tidak pernah menyebut hal semacam itu.

"Siapa yang bilang? Tidak ada sama sekali yang bilang capres. Yang ditanya 2024. Ya semua putera, puteri bangsa silakan tapinya dibuktikan dulu. Nanti kan ada prosesnya," kata Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

"Kalau Undang-Undang belum diubah ya 20 persen syaratnya, dan belum tahu siapa yang maju. Yang diminta itu Anies sukses, bukan dukung Anies 2024," sambungnya.

Plate menjelaskan, Surya Paloh menyebut soal Pilpres 2024 karena menjawab pertanyaan wartawan. Padahal, sebelum pertanyaan itu muncul Surya Paloh hanya menyebut kinerja Anies harus terus ditingkatkan.

"Bang Surya bilang kinerja anies itu bisa ditingkatkan. Kita harapkan itu ditingkatkan untuk kepentingan warga Jakarta. Kami bukan pendukung Anies. Tapi untuk kepentingan warga Jakarta kita harus dukung Anies untuk Jakarta maju jangan sampai Jakarta engga maju. Itu yang Bang Surya bilang," ungkapnya.

"Lalu wartawan bertanya bagaimana 2024. kalau 2024 ya boleh boleh saja tergantung kinerjanya bagus ya silakan nanti kan, sekarang pilpres saja belum dilantik," lanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

Tak Pernah Dukung

Karena itu, Plate menegaskan Surya Paloh tidak pernah mendukung Anies. "Enggak ada ngomong gitu. Kalau mau ditanya bagaimana pelantikan presiden, bagus hebat. Kok ngomong 2024, yang ini aja belum dilantik," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketum NasDem Surya Paloh menyatakan siap mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara lahiriyah dan batiniyah. Sekaligus Nasdem bersedia menjadi kendaraan politik jika Anies bersedia maju di Pilpres 2024.

"Ya pastilah (dukung Anies), lahiriyah batiniyah. Tergantung Anies," ujar Surya usai pertemuan dengan Anies.

"Insya Allah semuanya sejalan dengan arah partai. Insyaallah apabila semua seperti kita harapkan, dukungan tidak hanya datang dari satu kelompok, termasuk satu institusi partai politik seperti NasDem," imbuhnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Muhammad.Ali

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
NasDem Tolak Usung Mantan Koruptor di Pemilihan Apapun
Artikel Selanjutnya
Sambut Pilkada 2020, Nasdem Gelar Safari Konsolidasi di Kalimantan