Sukses

Pengacara Serang Hakim dengan Ikat Pinggang Dijerat Pasal Berlapis

Liputan6.com, Jakarta - Inilah video viral yang memperlihatkan seorang pengacara mengamuk di Ruang Sidang Subekti 2, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis sore, 18 Juli 2019.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (20/7/2019), pengacara bernama Desrizal tiba-tiba menyerang Hakim Ketua Sunarso dan Hakim Anggota Duta Baskara.

Akibat perbuatannya, kuasa hukum Tomy Winata itu sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi. Desrizal dijerat pasal berlapis, yaitu pasal penganiayaan dan pasal melawan pejabat.

"Itu berdasarkan perkara karena ada keterangan saksi, bukti dan visum," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Kasus pemukulan hakim oleh pengacara ini jadi sorotan banyak pihak. Mahkamah Agung (MA) menyebut perilaku Desrizal sebagai tindakan Contempt of Court atau penghinaan terhadap lembaga peradilan.

Sementara, Ikatan Hakim Indonesia menuntut kasus ini diproses secara hukum.

"IKAHI menyesalkan tindakan tercela yang dilakukan pengacara terhadap hakim dan mengutuk keras agar pengacara diproses secara pidana sesuai ketentuan yang berlaku," kata Ketua IKAHI Suhadi.

Keributan bermula saat majelis hakim tengah membacakan putusan sidang sengketa yang digugat PT PWG terhadap pihak lain. Desrizal selaku penasihat hukum penggugat yang mendengarkan pertimbangan hakim tiba-tiba melangkah ke meja hakim dan menyerang menggunakan ikat pinggangnya.