Sukses

Bamsoet Bertemu Jokowi, Eks Wasekjen Golkar: Munas Tak Akan Aklamasi

Lalu Mara memprediksi akan ada calon ketua umum lebih dari satu di Musyawarah Nasional (Munas) nantinya.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wakil Sekretaris Jenderal yang saat ini menjabat Wakil Sekjen Partai Golkar Lalu Mara Satriawangsa menilai pertemuan Bambang Soesatyo (Bamsoet) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa nuansa positif. Dia memprediksi akan ada calon ketua umum lebih dari satu di Musyawarah Nasional (Munas) nantinya.

"Setelah Bambang Soesatyo diterima Presiden Jokowi, sinyal kuatnya adalah pemilihan ketua umum Partai Golkar dipastikan akan diikuti lebih dari satu calon ketua umum," kata Lalu Mara dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/7/2019). 

Mara menilai akan sulit mengupayakan aklamasi dalam Munas setelah adanya pertemuan ini. Meskipun nantinya semua hak suara dalam pemilihan ada di DPD tingkat I dan tingkat II Partai Golkar.

"Pemilihan secara langsung diikuti pemilik suara. Yaitu DPD II, DPD I, serta Ormas yang mendirikan dan didirikan," ucapnya. 

Sebelumnya, Bambang Soesatyo menepis kabar bahwa pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidan Jakarta membahas terkait dukungan untuk maju sebagai calon Ketua Umum Golkar.

"Tidak ada dukung mendukung. Restu merestui juga enggak ada," kata Bamsoet usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin 15 Juli 2019.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut hanya membahas dan berdiskusi terkait partai anggota koalisi dan tidak membahas terkait pencalonan dirinya jadi ketua partai beringin tersebut. "Enggak ada soal calon-calonan. Kita diskusi aja itu," ungkap Bamsoet.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.