Sukses

Momen Jokowi dan Iriana Menyusuri Batu Terjal di Goa Batu Cermin

Jokowi dan Iriana mengunjungi Gua Batu Cermin, usai meninjau Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo, Kamis (11/7/2019).

Liputan6.com, Labuan Bajo - Jalanan terjal dan bebatuan tak menyurutkan semangat Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menelusuri Goa Batu Cermin yang terletak di Desa Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Besar, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Batu alam di Gua Batu Cermin sendiri ada yang cadas dan halus.

Jokowi dan Iriana mengunjungi Gua Batu Cermin, usai meninjau Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo, Kamis (11/7/2019). Tiba di lokasi, Jokowi terlebih dahulu mendengarkan sejumlah informasi terkait rencana pengembangan kawasan wisata tersebut.

Setelah berjalan 300 meter dari pintu masuk, Jokowi dan Iriana mulai memasuki kawasan Gua Batu Cermin. Tampak sebuah bukit batu yang lumayan tinggi berdiri gagah.

Jokowi dan Iriana Menyusuri Batu Terjal di Goa Batu Cermin (Foto: Liputan6/ Lizsa Egeham)

Meski jalanan yang dilalui tak mudah, Jokowi dan Iriana tetap memutuskan untuk masuk ke dalam Goa tersebut meski pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tidak menyarankannya. 

Sang Ibu Negara yang pertama masuk ke gua. Dia terlihat sangat luwes melompatkan kakinya dari satu batu ke batu lainnya, demi mencapai ke atas gua 

Liputan6.com yang juga berkesempatan masuk ke dalam cukup dibuat takjub saat melihat Iriana yang dikenal kalem, bisa melalui tracking yang terjal. Tanpa merasa ragu dan kesulitan, dia tampak lincah melalui jalur tersebut.

Jokowi dan Iriana Menyusuri Batu Terjal di Goa Batu Cermin (Foto: Liputan6/ Lizsa Egeham)

Setibanya di tengah gua, Iriana ditemani istri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Julie S. Laiskodat sempat berhenti sejenak untuk beristirahat, berfoto, dan menunggu Presiden Jokowi. Iriana mengaku sangat takjub melihat keindahan Goa yang umurnya telah ratusan tahun itu.

"Bagus, bagus," ucap Iriana kepada wartawan.

Selang beberapa menit, Jokowi tiba di tengah gua tempat Iriana telah menunggu. Keduanya tampak berfoto bersama di Gua Batu Cermin.

Jokowi dan Iriana Menyusuri Batu Terjal di Goa Batu Cermin (Foto: Liputan6/ Lizsa Egeham)

Keduanya lalu hendak masuk ke lorong buntu di tengah-tengah gua, yang di atasnya terdapat celah hingga cahaya bisa masuk dari sebuah bongkahan batu. Jika momennya tepat, cahaya yang masuk akan terefleksi pada dinding dan membentuk cermin alami. Inilah awal mula nama Gua Batu Cermin.

Namun, lantaran kondisi yang tak memungkinkan, Jokowi dan Iriana lalu keluar dari gua tersebut. Jalan keluar pun hampir sama seperti saat masuk. Anak tangga yang curam dan lumayan licin serta bebatuan terjal, membuat siapapun harus was-was saat melaluinya.

Jokowi dan Iriana Menyusuri Batu Terjal di Goa Batu Cermin (Foto: Liputan6/ Lizsa Egeham)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berswafoto Bersama Warga

Sementara itu di luar gua, para warga telah ramai berkerumun untuk bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Jokowi dan Iriana pun menyapa serta meladeni para warga yang ingin bersalaman dan berswafoto bersama.

Mengutip siaran pers Kementerian Pariwisata, gua ini pertama kali mendapat perhatian dunia pada tahun 1951 berkat penelitian arkeolog sekaligus misionaris asal Belanda, Theodore Verhoven. Jutaan tahun lalu, posisi gua ini ada di bawah laut.

Dulu, sempat ada pergeseran atau patahan lempeng bumi, lalu terjadi gempa, sehingga ada beberapa wilayah di Pulau Flores yang tenggelam. Ada beberapa juga yang bahkan naik ke permukaan, salah satunya adalah gua cermin ini.

Jikalau ingin mengunjungi goa tersebut, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meter dari pintu masuk menuju Goa Batu Cermin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.