Sukses

Jokowi Kirim Karangan Bunga ke Kediaman Almarhum Sutopo

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan karangan bunga ke rumah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China saat menjalani perawatan kanker paru-paru pada Minggu dini hari.

Karangan bunga dari Jokowi langsung diletakkan di depan rumah almarhum di Raffles Hills, Depok, Jawa Barat. Herman, salah seorang pegawai usaha karangan bunga tersebut mengatakan, karangan bunga yang dibawa tak hanya dari Presiden Jokowi tetapi juga dari Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tak hanya karangan bunga, melalui akun media sosialnya, Presiden Jokowi juga mengungkapkan belasungkawa atas wafatnya Sutopo. Ungkapan belasungkawa ini diunggah di akun Instagram dan Facebook resmi Presiden RI.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, menjelang dini hari tadi," tulis Jokowi, Minggu (7/7/2019).

Menurut Jokowi, sosok Sutopo merupakan orang yang penuh dedikasi. Walaupun tengah sakit, dia tetap memberikan informasi kepada masyarakat terkait kejadian bencana di sejumlah daerah.

"Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan," ungkap Jokowi.

"Selamat jalan, Pak Sutopo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberiNya kekuatan dan kesabaran. Amin ya rabbal alamin," tutup Jokowi.

2 dari 3 halaman

Akan Dimakamkan di Boyolali

Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu (7/7/2019) sore akan dipulangkan dari Guangzhou, China ke Tanah Air. Sutopo akan dimakamkan di tanah kelahirannya, Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita S saat dihubungi dari Jakarta mengatakan, jenazah Sutopo akan dibawa dari China menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan selanjutnya akan dibawa ke Boyolali.

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI di Guangzhou mengatakan tengah mengupayakan pemulangan jenazah Sutopo Purwo Nugroho secepatnya.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu pukul 02.20 waktu Guangzhou, saat menjalani perawatan untuk mengobati penyakit kankernya di Guangzhou St Stamford Modern Cancer Hospital.

Ia berpulang meninggalkan istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kunjungan ke Bali, Ini Agenda Jokowi Selain Hadiri Muktamar V PKB
Artikel Selanjutnya
Karya Tangan Terampil Pelukis Bogor di Atas Daun Kering