Sukses

Gempa Getarkan Maluku, Banda, dan Bali Hari Ini

Gempa mangnitudo 5,4 mengguncang Maluku Tenggara, pada Sabtu dini hari tadi, pukul 02.59 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempakembali mengguncang Indonesia hari ini, Sabtu (6/7/2019). Hingga pukul 18.51 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada tiga wilayah yang terdampak gempa.

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Lindu kedua dan ketiga masing-masing terjadi di Kepulauan Banda dan Kabupaten Jembrana, Bali.

Hingga kini belum ada informasi terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan atau jatuhnya korban akibat gempa.

Apakah ketiga gempa berpotensi tsunami, berikut penjelasan terkait lindu yang menggoyang tiga wilayah Indonesia hari ini:  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maluku Tenggara

Gempa mangnitudo 5,4 mengguncang Maluku Tenggara, pada Sabtu dini hari tadi, pukul 02.59 WIB. Lindu tak berpotensi tsunami.

Lewat laman resminya BMKG menyebut pusat gempa berada pada kedalaman 122 kilometer atau sekitar 196 KM barat daya Maluku Tenggara.

Sementara itu, titik koordinat gempa dilaporkan terjadi pada 6,01 Lintang Selatan (LS) dan 131 Bujur Timur (BT).

3 dari 4 halaman

Kepulauan Banda

Dimanakah Kepulaaan Banda? Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku. Kota terbesarnya, Bandanaira, terletak di pulau dengan nama yang sama. Dan pada hari ini, gempa bermagnitudo 4,2 tersebut terjadi pada pukul 10.06 WIB.

Pusat gempa dilaporkan berada di laut atau sekitar 30 km selatan Banda pada kedalaman 10 kilometer.

Ada pun lokasi lindu berada pada koordinat 4,8 LS dan 129,9 BT. Gempa tak berpotensi tsunami.

4 dari 4 halaman

Jembrana, Bali

Sementara itu, gempa yang menggetarkan Kabupaten Jembrana, Bali diungkap BMKG berada pada magnitudo 4,7. Lindu terjadi pada pukul 12.30 WIB.

Menurut laporan resminya, pusat gempa berada di laut pada kedalaman 10 kilometer atau sekitar 138 km barat daya Jembrana.

Sedangkan titik koordinat gempa terjadi pada 9, 46 Lintang Selatan dan 114,03 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG