Sukses

Kunjungan DPRD Tanah Datar Sekjen DPD RI: Ini Momen Bertukar Pikiran

Dalam pertemuan itu, DPRD bermaksud ingin mencari ilmu dan mengetahui lebih dalam lagi tentang legislasi dan DPD RI sebagai representasi daerah.

Liputan6.com, Jakarta Membangun daerah melalui penguatan kemitraan dengan daerah merupakan komitmen DPD RI dengan semua stakeholders. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek saat menerima kunjungan delegasi dari DPRD Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, di Gedung DPD RI, Jumat, (5/7).

Reydonnyzar Moenek atau akrab disapa Donny itu juga menjelaskan, sesuai Undang-Undang Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), DPD mendapat tambahan kewenangan dalam monitoring dan evaluasi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) dan Peraturan Daerah (PERDA). 

Oleh karena itu DPD akan terus menjalankan komunikasi yang intens dengan pemerintah daerah. Donny juga menegaskan bahwa pihaknya siap terbuka dan mengapresiasi setiap kunjungan dari stakeholders daerah. 

Salah satunya ketika mendapat kunjungan dari DPRD Kabupaten Tanah Datar. Dalam kunjungan itu diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meraih peringkat pertama pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional kategori perencanaan dan pencapaian tingkat kabupaten.

"Ini merupakan prestasi yang baik perlu diikuti oleh daerah lain. Saya katakan, prestasi tersebut dapat terwujud jika ada komunikasi yang efektif antara kepala daerah dengan DPRD-nya, dan hubungan harmonis antara pusat dan daerah. Terlebih lagi saat ini tugas DPD RI untuk monitoring dan evaluasi Perda dan Raperda harus selalu intens bermitra dengan daerah," jelas Donny.

Donny juga menjelaskan bahwa DPD RI memiki fungsi legislasi yang berhak mengajukan Rancangan Undang-Undang. Sesuai kewenangan DPD RI akan terus terbuka dalam menampung semua aspirasi dari daerah.

"Tambahan kewenangan DPD RI dalam monitoring dan evaluasi Raperda dan Perda sesuai UU MD3 membutuhkan mitra strategis dengan semua stakeholders di daerah, ini juga menentukan langkah-langkah Kesekjenan dalam mendukung Anggota dan Pimpinan DPD RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya."

"Kami apresiasi langkah-langkah yang ditempuh DPRD Tanah Datar dalam serangkaian konsultasi ke DPD RI, ini bagian dari kepedulian untuk membangun daerah dan semangat kebersamaan terkait dinamika penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Kami bangga dan terhormat ini rumah rakyat, momen untuk bertukar pikiran seperti ini semakin menguatkan komitmen DPD RI membangun daerah," lanjutnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Anton Yondra bersama Wakil Ketua Irman beserta 16 rombongan DPRD dan staf mengapresiasi sambutan yang luar biasa dan mendapat penjelasan serta ilmu yang luarbiasa tentang tugas, fungsi dan wewenang DPD RI dari Sekjen DPD RI.

Yondra pun ikut mengapresiasi atas sambutan DPD RI. Dalam pertemuan itu, Yondra mengatakan pihaknya ingin mencari ilmu dan mengetahui lebih dalam lagi tentang legislasi dan DPD RI sebagai representasi daerah.

"Selain itu kami ingin mengetahui mekanisme dan program-program DPD RI. Saya kira kami mendapatkan ilmu dan penjelasan yang luar biasa dari pak Sekjen. Kami akan bawa dan sampikan ini ke daerah bahwa tugas-tugas para Senator sangat penting dalam mendukung daerah. Saya kira kemitraan dan komunikasi seperti ini harus terus dilanjukan, mungkin ke depan tidak hanya menerima kami tapi juga perwakilan Wali Nagari dan lain-lain juga," kata Yondra.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.