Sukses

5 Hal tentang Perumahan Mewah di Atas Mal Thamrin City

Dari penelusuran, untuk menuju ke perumahan mewah di atas mal Thamrin City tersebut memang tidak mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini kita dikejutkan dengan adanya komplek perumahan mewah di atas mal Thamrin City, Jakarta Pusat. Disebut mewah, karena rumah yang didirikan bertingkat dan dilengkapi berbagai fasilitas.

Komplek perumahan mewah ini pun viral di sosial media. Dari penelusuran, untuk menuju ke perumahan tersebut memang tidak mudah. Karena tidak sembarangan orang bisa masuk ke perumahan yang diberi nama Cosmo Park tersebut.

Dari pengamatan Merdeka.com, perumahan itu tidak berbeda jauh dengan fasilitas perumahan mewah lain. Beragam fasilitas seperti kolam renang, taman, hingga lapangan tersedia melengkapi keberadaan apartemen.

Saat dikonfirmasi kepada salah satu pengelola (Chief Customer Service The Jakarta Residence), Sudarmi Yuliani mengatakan, konsep perumahan yang dibangun di atas mal ini awalnya dibuat karena melihat semakin padatnya hunian di Jakarta.

Menurut Sudarmi, tujuan keberadaan perumahan ini juga demi memberikan akses mudah bagi penghuni.

Berikut 5 hal tentang komplek perumahan mewah di atas mal Thamrin City dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Miliki Akses Khusus

Perumahan mewah ini viral karena lokasinya yang tak biasa, yakni di atas Mal Thamrin City, Jakarta Pusat.

Dari penelusuran, untuk menuju ke perumahan tersebut memang tidak mudah. Karena tidak sembarangan orang bisa masuk ke perumahan yang diberi nama Cosmo Park tersebut.

Untuk memasuki perumahan harus melalui lobi utama tower Cosmo Mansion, kemudian naik ke lantai 10.

Jurnalis Merdeka.com mencoba naik ke atas namun tidak bisa karena lift hanya bisa masuk sampai lantai 9. Hanya beberapa orang yang memiliki akses untuk bisa masuk ke sana.

Namun usai mencoba naik menggunakan tangga akhirnya sampai juga di perumahan tersebut. Dari pengamatan, perumahan itu tidak berbeda jauh dengan fasilitas perumahan mewah lain. Beragam fasilitas seperti kolam renang, taman, hingga lapangan tersedia melengkapi keberadaan apartemen.

 

3 dari 6 halaman

2. Berkonsep Karena Melihat Padatnya Hunian di Jakarta

Saat dikonfirmasi kepada salah satu pengelola (Chief Customer Service The Jakarta Residence), Sudarmi Yuliani mengatakan, konsep perumahan yang dibangun di atas mal ini awalnya dibuat karena melihat semakin padatnya hunian di Jakarta.

Tujuan keberadaan perumahan ini juga demi memberikan akses mudah bagi penghuni.

"Kalau konsep sendiri kan sekarang hunian khususnya di Jakarta sendiri kan padat. Kalau ini kan superblock jadi kemana dekat, ke mal dekat, ke kantor dekat, ke pusat perbelanjaan dekat, seperti itu sih karena melihat Jakarta yang padat jadi ada hunian di atas itu," jelas dia.

 

4 dari 6 halaman

3. Penghuni Kebanyakan Pengusaha

Sudarmi juga mengaku perumahan ini sudah ada sejak 2007. Hanya saja hunian ini baru terisi sejak 2009. Terdapat 78 unit rumah dengan luas bangunan kurang lebih 100 meter untuk dua lantai.

Para penghuni di perumahan ini, sebagian besar kebanyakan para pengusaha yang bekerja di sekitaran Sudirman dan Thamrin City. "Karena kita ini tempatnya bener-bener di pusat kota ya campur ya ada ekspatriat ada pengusaha," imbuhnya.

Perihal akses yang sulit menuju ke perumahan dikatakan ini demi menjaga privasi penghuni. "Cuma penghuni aja yang bisa masuk situ, makannya kalau ada tamu ditanya, seperti perumahan biasa aja, ditanya mau ke unit berapa rumah berapa," pungkasnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Harga Sewa Puluhan Juta dan Status Rumah SHM

Salah satu agen resmi perumahan Cosmo Park, Nana mengungkapkan harga sewa untuk satu unit perumahan dipatok mencapai puluhan juta. Akan tetapi, harga tersebut bisa kurang apabila penghuni sewa di atas 6 bulan.

"Untuk sewa Rp 25 juta per bulan," kata dia saat berbincang kepada merdeka.com.

"Ada 3 bedroom, 1 kamar pembantu. Ada 2 tingkat lantai. Kalau wifi enggak ada, tapi bisa kita bantuin untuk menyewa melalui tenant," sambungnya.

Nana menyampaikan, status rumah sendiri adalah Sertifikat Hak Milik (SHM). Saat ini, ada sekitar 25 unit rumah yang tersedia untuk disewa. Sementara total rumah yang disewakan sebanyak 60 unit dari total 78 unit yang ada.

Secara umum luas setiap satu unit rumah sekitar 100 meter persegi (m2). Adapun fasilitas yang bisa dinikmati seperti kolam renang, taman, hingga lapangan olahraga.

 

6 dari 6 halaman

5. IMB Gabung dengan Mal

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta, Benny Agus Chandra menyebut perumahan Cosmo Park Thamrin City sudah memiliki izin yang lengkap.

"Izin mendirikan bangunan (IMB) tahun 2007, Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pertama 2010," kata Benny saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta.

Dia menyebut, izin yang digunakan perumahan mewah tersebut seperti halnya izin apartemen yang bergabung dengan pusat perbelanjaan.

"Gabung IMB-nya satu kesatuan (dengan pusat perbelanjaan) kalau saya lihat dari dokumennya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.