Sukses

Selain Golkar dan PKB, Gerindra Juga Incar Posisi Ketua MPR

Liputan6.com, Jakarta - Partai politik yang menginginkan duduk di kursi pimpinan MPR terus bertambah. Kini, Partai Gerindra juga punya keinginan untuk bergabung di kursi pimpinan MPR dengan alasan tak mau kalah dengan parpol yang sudah lebih dulu menyatakan keinginannya.

"PKB sudah mengusulkan ketua umumnya dijadikan sebagai Ketua MPR, kemudian Golkar juga sudah menggadang-gadang orang, tentu PDIP juga tidak mau kehilangan. Kami Gerindra juga berkeinginan untuk ke sana," kata Ketua DPP Gerindra Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Menurutnya, dalam pembahasan kursi pimpinan MPR nanti akan sangat dinamis. Dia juga yakin posisi koalisi kursi pimpinan MPR tidak akan sama dengan koalisi Pilpres 2019.

"Sementara yang jatah itu hanya empat, jadi pasti akan sangat dinamis dan saya tidak percaya kalau kemudian koalisi itu nanti akan sama persis seperti yang ada di koalisi pilpres," ungkap Supratman.

Tambahnya, setiap partai pasti memiliki kepentingan tersendiri. Meski begitu, siapa pun yang menjabat sebagai pimpinan MPR yang terpenting adalah tugas dan wewenang MPR bisa berjalan dengan baik.

"Pasti ada kepentingan-kepentingan di antara masing-masing partai politik, bagaimana kemudian bisa membangun, tapi yang paling penting adalah bahwa kita berharap nanti untuk pimpinan MPR yang kan datang, kan ada kerjaan besar yang harus diselesaikan," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Golkar Ingin Ketua MPR

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengakui jatah kursi Ketua DPR untuk Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019. Namun Airlangga berharap, posisi Ketua MPR bisa diisi oleh kader dari partainya.

"Dalam UU MD3 pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR dalam hal ini partai dan wakilnya secara berurutan," kata Airlangga dalam acara buka puasa bersama Partai Golkar dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Golkar Yakin Dapat Jatah Kursi Ketua MPR
Artikel Selanjutnya
Gerindra: Prabowo Belum Berencana Bertemu Jokowi