Sukses

Ketua KPU Klaim Situng Jadi Sistem Pengawas Pertama Pemilu di Dunia

Arief menyampaikan hal tersebut di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (20/6/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengklaim, sistem informasi penghitungan suara (Situng) sebagai program pertama di dunia. Dia pun bangga.

Arief menyampaikan hal tersebut di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (20/6/2019).

Saat itu, hakim anggota Mahkamah Konstitusi (MK) Enny Nurbaningsih bertanya perihal situng KPU. "Praktik semacam ini belajarnya di mana," tanya Enny.

Arief menjelaskan, praktik Situng semacam ini merupakan yang pertama di dunia, yang mana menampilkan scanning berita acara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan hasil perhitungannya.

Selain menjadi pioneer, Arief mengklaim Situng juga mengundang negara lain untuk datang ke Indonesia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Negara Ingin Belajar

"Ketika mempresentasikan di berbagai negara banyak yang ingin mempelajari mengenai situng," ucap dia.

Untuk itu, Arief menilai pentingnya keberadaan Situng di Pemilu.

"Bukan hanya dia penting secara teknis untuk memberikan informasi, tetapi juga penting untuk membangun kredibilitas, integritas, dan kepercayaan publik terhadap Pemilu itu sendiri,” tutup Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.