Sukses

Hasto: Isyarat Langit Penting untuk Kepemimpinan di PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Wacana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah mempersiapkan pengganti Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri, muncul usai dipercepatnya pelaksanaan kongres partai.

Meski banyak kader parpol berlambang banteng bermoncong putih itu menepis Megawati turun mandat dalam waktu dekat.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, kepemimpinan di partainya bukan semata-mata mempunyai legitimasi yang kuat dari arus bawah.

"Kepemimpinan dalam kesadaran PDI Perjuangan itu adalah tidak semata-mata kepemimpinan yang mendapat legitimasi kuat dari arus bawah, memiliki pengalaman panjang, kokoh dalam idelogi," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Dia menegaskan, isyarat dari langit juga dinilainya penting sebagai satu syarat memimpin PDIP.

"Tetapi, isyarat langit itu juga penting," jelasnya.

Karenanya, masih kata dia, semuanya masih menunggu bagaimana keputusan dari pimpinan tertinggi PDIP, yakni Megawati.

"Jadi kita tunggu dari Bu Megawati Soekarnoputri nanti," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Megawati Tetap Pimpin PDIP?

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung menegaskan, Megawati Soekarnoputri akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum PDIP. Dalam Kongres PDIP mendatang, kata dia, Megawati akan jadi calon ketua umum secara aklamasi.

"Dan pasti kalau melihat potensi dan juga indikasi, karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres, kemungkinan besar akan aklamasi," kata Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6).

Pramono menjelaskan, Megawati telah berhasil membuat partai berlambang banteng moncong putih ini terus berkembang pesat. Karena itu, Mega akan diminta kadernya untuk bersedia menjabat kembali sebagai Ketua Umum PDIP.

"Karena memang Bu Mega sebagai pemersatu dari partai yang mempunyai ideologi sehingga dalam kongres nanti kemungkinan besar Bu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi Ketua Umum," ungkapnya.

Meski Megawati akan menjabat ketua umum kembali, Pramono membenarkan bahwa nantinya akan ada jabatan baru di PDIP, yakni Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum. Pembahas posisi itu akan dilakukan dalam Kongres V PDIP nanti.

"Memang ada wacana apakah nanti ada Ketua Harian mapun Wakil Ketua Umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Senyum Megawati Dampingi Prananda Usai Rakernas IV PDIP
Artikel Selanjutnya
Jokowi Hadir di Rakernas IV PDIP