Sukses

Hasto: Tak Ada Pembahasan Perubahan AD/ART di Rakernas IV PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV yang diadakan hari ini, tidak ada pembahasan tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Karenanya, tidak ada pembahasan perubahan atas AD/ART tersebut.

"Hari ini lebih kepada agenda-agenda dalam rangka Kongres V," ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Karena itu, tak akan ada pula pembahasan tentang wacana Ketua Harian, sebagaimana yang disampaikan oleh politisi senior PDIP Pramono Anung.

"Jadi kami belum bicara struktur," jelas Hasto.

Dia menekankan, pembahasan struktur baru akan disinggung di Kongres PDIP mendatang yang rencananya akan dilaksanakan 8 Agustus 2019 di Bali.

"Jadi kami masih melakukan pembahasan terhadap agenda-agenda internal. Kami tidak berbicara terkait dengan struktur. Karena itu akan dibahas dalam Kongres," jelas Hasto.

Adapun diketahui, senior PDIP yang juga mantan Sekjen PDIP Pramono Anung membenarkan bahwa nantinya akan ada jabatan baru di PDIP yakni Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum. Pembahasan posisi itu akan dilakukan dalam Kongres V nanti.

"Nah yang kedua memang ada wacana apakah nanti ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," ungkap Pramono.

2 dari 2 halaman

Harus Mengubah AD/ART

Tambahnya, untuk membuat dua jabatan itu diperlukan adanya perubahan dalam AD dan ART partai. Pembahasan AD ART akan dimulai saat kongres berlangsung.

"Kan AD/ART akan diputuskan di dalam kongres partai. Dan itu hanya keputusan kecil kalau mau ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kabinet ini pun enggan mengungkap siapa calon kuat penjabat Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum PDIP. Pramono haya menegaskan sudah ada beberapa nama calon kuat. "Ya ada beberapa nama," tandasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Jam Ikut Rakernas, Jokowi Tinggalkan Kantor DPP PDIP
Artikel Selanjutnya
Sekjen PDIP: Rakernas IV Tertutup, Banyak Bahas Masalah Internal