Sukses

Senyum Megawati Dampingi Prananda Usai Rakernas IV PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terlihat meninggalkan gedung DPP PDIP. Dia pun tampak tersenyum saat beranjak keluar dari lift.

Presiden kelima RI itu jua ditemani oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, serta putranya yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo.

Tak terlihat Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan nonaktif Puan Maharani. Berdasarkan akun Twitter partai berlambang banteng bermoncong putih itu @PDIP_Perjuangan, sudah diunggah foto rapat Rakernas. Hanya terlihat Presiden Joko Widodo yang duduk di tengah diapit oleh Megawati dan Prananda, serta semua pengurus DPP.

Awak media sempat meminta keterangan dari Megawati, namun dia hanya memberikan senyumannya. Sesaat, sebelum masuk ke dalam mobilnya, putri Presiden pertama Soekarno itu sempat berbincang sedikit dengan Prananda, sembari disimak pengurus DPP lainnya.

Megawati langsung beranjak pergi usai berbincang kecil dengan Prananda. Saat dimintai keterangannya, pria yang akrab disapa Mas Nanan itu kembali masuk ke dalam lift ditemani oleh para pengurus DPP.

"Jadi kami belum bicara struktur. Jadi segala sesuatu itu melalui juru bicara partai, dimana saya sebagai Sekjen sekaligus ditugaskan untuk itu," kata Hasto di lokasi.

Dia menekankan, pembahasan struktur baru akan disinggung di Kongres PDIP kelima yang rencananya akan dilaksanakan 8 Agustus 2019 di Bali

"Jadi kami masih melakukan pembahasan terhadap agenda-agenda internal. Kami tidak berbicara terkait dengan struktur. Karena itu akan dibahas dalam Kongres," jelas Hasto.

 

2 dari 3 halaman

Ketua Harian

Adapun diketahui, senior PDIP yang juga mantan Sekjen PDIP, Pramono Anung membenarkan bahwa nantinya akan ada jabatan baru di PDIP yakni Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum. Pembahas posisi itu akan dilakukan dalam Kongres V nanti.

"Nah yang kedua memang ada wacana apakah nanti ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," ungkapnya.

Tambahnya, untuk membuat dua jabatan itu diperlukan adanya perubahan dalam AD dan ART partai. Pembahasan AD ART akan dimulai saat kongres berlangsung.

"Kan AD/ART akan diputuskan di dalam kongres partai. Dan itu hanya keputusan kecil kalau mau ada Ketua Harian maupun Wakil Ketua Umum," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kabinet ini pun enggan mengungkap siapa calon kuat penjabat Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum PDIP. Pramono haya menegaskan sudah ada beberapa nama calon kuat. "Ya ada beberapa nama," tandasnya.

Sejauh ini, politisi muda dan juga memiliki trah Sukarno yang sudah diprediksi mendapatkan tempat adalah Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024. Sedangkan nama-nama seperti Prananda Prabowo, sejauh ini masih berada sebagai pengurus DPP PDIP dan selalu berada di balik layar.

Sedangkan macam Puti Sukarno, kalah dalam pertarungannya di Pilkada Jawa Timur 2019, etaapi berhasil sebagai Caleg 2019 dari dapil Jatim.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Hadir di Rakernas IV PDIP
Artikel Selanjutnya
Sekjen PDIP: Rakernas IV Tertutup, Banyak Bahas Masalah Internal