Sukses

KSAD Jadi Inspektur Upacara Pemberangkatan Jenazah George Toisutta

Andika sempat mengobrol dengan keluarga seraya memberikan doa dan melihat jenazah George Toisutta yang berada dalam peti dibalut bendera merah putih.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pemberangkatan jenazah mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) George Toisutta dilakukan di halaman Rumah Duka Sentosa Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Rabu (12/6/2019).

Dalam upacara itu, KSAD Andika Perkasa menjadi Inspektur Upacara. Andika memakai pakaian dinas upacara TNI AD lengkap dengan tanda dan kepangkatannya.

Upacara ini dihadiri juga oleh pihak keluarga George. Andika sempat mengobrol dengan keluarga seraya memberikan doa dan melihat jenazah George Toisutta yang berada dalam peti dibalut bendera merah putih.

Selain Andika, upacara pemberangkatan dihadiri Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, Wakil Kepala BIN, Letnan Jenderal TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma, dan Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa.

Kemudian ada mantan petinggi TNI di antaranya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso dan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Mantan Kepala Staf Umum AD Letnan Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo dan mantan KSAD Jenderal (Purn) Mulyono juga hadir dalam upacara tersebut.

Rombongan sudah meninggalkan RSPAD sejak pukul 10.30 WIB dan rencananya akan dibawa ke Makassar melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kemudian, jenazah dibawa ke rumah duka di jalan Rutan nomor 80 Gunung Sari Makassar yang merupakan rumah dari kakak kandung George Toisutta.

Jenazah akan disemayamkan di rumah tersebut sampai dengan pukul 16.00 WIB dan disalatkan di Masjid Nurul Ilmi Makassar. Selanjutnya, dimakamkan di TPU Dadi Makassar dengan Inspektur Upacara Wakasad Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kanker Usus

Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada pukul 05.26 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta lantaran sakit kanker usus.

Jenderal TNI George Toisutta adalah seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat. Dia menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkat Darat (Pangkostrad) yang menjabat sejak 2007 hingga tahun 2009.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.