Sukses

Libur Lebaran, Pengendara Tujuan Cianjur-Bandung Diimbau Tak Lewat Puncak

Liputan6.com, Jakarta - Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi tidak melintasi jalur Puncak, Cisarua, Bogor. Hal itu karena kepadatan arus lalu lintas di jalur tersebut pada libur lebaran.

Bahkan kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor sepanjang Jumat (7/6/2019) bertahan hingga larut malam. Polisi pun memberikan dua alternatif jalur kepada warga yang hendak ke Cianjur, Bandung, atau Cimahi.

"Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur," ujar Fadli dikutip dari Antara.

Alternatif kedua yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur. Sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor.

"Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat pariwisata," kata Fadli.

 

2 dari 3 halaman

Padat Sepanjang Jumat

Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami kepadatan volume kendaraan sejak Jumat pagi hingga malam hari.

Jadwal satu arah dari Bogor menuju Cianjur semestinya sampai pukul 12.00 WIB terpaksa molor akibat banyaknya kendaraan roda empat yang memasuki jalur Puncak.

Jadwal satu arah sebaliknya yakni dari Cianjur menuju Bogor baru berlaku sekitar pukul 18.00 WIB.

Hingga pukul 19.00 WIB, kendaraan masih nampak mengantre turun dari arah Cianjur menuju Bogor. Tepat di depan Masjid Attaawun Puncak, kendaraan melintas dengan perlahan.

Kepadatan di jalur Puncak sudah terjadi sejak pukul 07.00 WIB. Ribuan kendaraan terpantau mengarah dari Jakarta menuju Puncak hingga mengakibatkan antrean kendaraan mencapai Kilometer 40 Tol Jagorawi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: