Sukses

Penuh Khidmat, Jokowi Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2019). Sejumlah tokoh, pejabat negara, hingga pemuka agama hadir dalam kesempatan ini.

Berdasarkan pantauan, upacara dimulai pukul 07.55 WIB. Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara masuk ke tempat upacara dengan mengenakan baju beskap khas Jawa Tengah.

Upacara yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu berlangsung secara khidmat. Kemudian, megheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin Jokowi.

Rangkaian upacara lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. Sementara, pembacaan doa dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Upacara selesai sekitar pukul 08.20 WIB.

Hadir dalam kesempatan ini, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, Wapres ke-11 RI Boediono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menpan RB Syafruddin, Menteri PUPR Basuki Harimuldjono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri yang Hadir

Kemudian, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mendikbud Muhadjir Effendi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Tampak pula Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

Ada pula para putra-putri perumus Pancasila yang hadir dalam upacara kali ini. Para tamu undangan yang hadir mengenakan baju khas dari daerah-daerah Indonesia. Misalnya, Menteri PAN-RB yang mengenakan baju khas dari Makassar.

Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ketiga Jokowi memimpin upacara Hari Kelahiran Pancasila. Jokowi menekan Keppres untuk menetapkan Hari Kelahiran Pancasila sebagau hari libur nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.